Categories: News Trend

Gelar Kampanye #ComeTogether, Durex Rilis Lagu “Come Closer”

MIX.co.id – Penelitian terbaru yang dirilis Durex Indonesia pada tahun 2022 menunjukkan bahwa 1 dari 3 perempuan yang aktif secara seksual di Indonesia memalsukan orgasmenya. Bahkan, perempuan jauh lebih sering memalsukan orgasme mereka dibandingkan laki-laki. Layaknya perempuan memperjuangkan haknya di masa lalu, upaya menutup kesenjangan akses terhadap kesehatan seksual dan kepuasan yang lebih baik dapat dimulai dengan kemauan dalam membahas secara terbuka mengenai topik tersebut. Sayangnya, perempuan masih kerap mendapatkan stigma negatif dan dihakimi ketika membahas kesejahteraan seksual, termasuk diskusi kepuasan.

Psikolog klinis Inez Kristanti menerangkan, “Kita memiliki budaya di mana diskusi tentang seksualitas ditentang dan diabaikan. Hal ini terutama dirasakan oleh perempuan, karena ada stigma dan stereotip tertentu tentang seksualitas perempuan yang akhirnya membuat perempuan menghindari topik ini sepenuhnya. Karena itu, orang enggan untuk membicarakan apa yang mereka inginkan, bahkan dalam relasi paling intim mereka.”

Studi Rutgers melihat hal ini lebih dalam. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa ketika perempuan jarang mendapatkan kepuasan dalam hubungan mereka, mereka belajar untuk menginginkan dan mengharapkan lebih sedikit orgasme dari pasangannya. Dan ketika perempuan menurunkan ekspektasi mereka akan orgasme, kesenjangan kepuasan ini melebar.

“Ini tidak hanya tentang orgasme. Ketika perempuan menjadi begitu terbiasa tak menerima hal-hal tertentu, termasuk orgasme, beberapa mungkin berpikir ‘ya memang begitu selayaknya jadi perempuan’. Tapi menurut saya, seharusnya tidak begitu. Perempuan memiliki hak untuk speak up dan menuntut hal yang berbeda,” tandas Inez.

Oleh karena itu, guna memicu percakapan tentang pentingnya berbicara dan menutup kesenjangan kepuasan, Durex telah bekerja sama dengan duo musisi Soundwave, merilis lagu berjudul Come Closer pada Februari 2023. “Sebagai merek kesehatan seksual dari Reckitt, Durex menjadikan advokasi tentang pengalaman seksual yang lebih baik dan setara untuk semua sebagai bagian dari DNA kami. Kami percaya bahwa setiap orang, apapun gendernya, berhak atas seks yang aman dan menyenangkan,” papar Rahul Bibhuti, Marketing Director Reckitt Indonesia.

Pada Hari Perempuan Internasional, lanjutnya, Durex menegaskan kembali dukungan kepada perempuan untuk mencapai kesetaraan kepuasan dengan memastikan bahwa akses ke informasi dan produk yang mempromosikan kesehatan yang baik adalah hak, bukan privilege.

“Lagu Come Closer yang kami rilis bersama Soundwave hanyalah salah satu dari sekian banyak cara kami memberdayakan perempuan melalui kampanye #ComeTogether. Kami masih memiliki banyak program lain yang akan kami bagikan segera,” tamba Rahul.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa menjembatani kesenjangan kepuasan antar gender dimulai dari keberanian untuk speak up dan berkomunikasi secara terbuka, jujur, dan saling menghormati. “Hal ini hanya bisa berhasil jika kita mematahkan stereotip berbasis gender dan menghadirkan lingkungan kondusif untuk mewujudkan kehidupan seksual yang lebih sehat untuk semua. Selama bertahun-tahun, kami bermitra dengan organisasi seperti BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional), puskesmas, LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), dan komunitas untuk menjadi teman perempuan, hidup dengan semangat #EmbraceEquity yang sama, dan bersama-sama mendorong perubahan,” pungkas Rahul.

Dwi Wulandari

Recent Posts

Grab Business Forum 2024: Bahas Solusi untuk Genjot Produktivitas Bisnis hingga Efisiensi Operasional Perusahaan

Memasuki tahun kelima, Grab Business Forum 2024 hadirkan Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia, Suahasil Nazara…

7 hours ago

Crane Lounge Jakarta Manjakan Pelanggan Lewat Layanan One Stop Solution

MIX.co.id – Crane Lounge Jakarta, lounge ternama yang berlokasi di kawasan Jakarta Utara, menggelar mini…

10 hours ago

Pin J Hadirkan Solusi Keuangan Inovatif bagi Pekerja Gig Indonesia

MIX.co.id – Di Indonesia, sekitar 60% tenaga kerja, atau setara dengan sekitar 83 juta orang,…

10 hours ago

Usung Teknik Pemijatan Sato Tsuyoshi, OSIM Luncurkan Kursi Pijat dengan Harga Terjangkau

MIX.co.id - Produsen alat kesehatan dan wellness, OSIM, berkomitmen untuk terus menyediakan produk canggih yang…

13 hours ago

Q1 2024, WOM Finance Cetak Laba Sebelum Pajak Senilai Rp 86 Miliar

MIX.co.id - WOM Finance, anak perusahaan PT Bank Maybank Indonesia Tbk., telah mencatatkan kinerja positif…

18 hours ago

Literasi Industri Keuangan Non-Perbankan Masih Rendah, IFG Luncurkan Buku terkait Asuransi dan Dana Pensiun

MIX.co.id - Indonesia Financial Group (IFG)--Holding BUMN Asuransi, Penjaminan, dan Investasi--berkolaborasi dengan Lembaga Penyelidikan Ekonomi…

20 hours ago