MIX.co.id - Menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, KitKat yang tercatat sebagai mitra co-branding Wonderful Indonesia, kembali menggelar kompetisi KitKat Breakreasi Design Challenge Vol. 2 #DiIndonesiaAja.
Melalui kompetisi itu, KitKat meluncurkan enam kemasan terbaru spesial pariwisata bertemakan desa wisata, acara tradisional, dan aktivitas travelling yang merupakan hasil desain karya anak bangsa.
Dimulai pada 2022, kompetisi yang merupakan agenda tahunan ini merupakan wadah kepada anak muda Indonesia untuk terus berkarya, sekaligus merangkul talenta baru di bidang ekonomi kreatif, khususnya desain.
Dituturkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno, “Sektor swasta turut berperan dalam peningkatan dan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, seperti yang dilakukan oleh KitKat. Kompetisi KitKat Breakreasi Design Challenge Vol.2 #DiIndonesiaAja turut mendukung Kemenparekraf RI dalam mempromosikan pariwisata Indonesia, khususnya mengangkat kebudayaan di Indonesia. Saya berharap kompetisi ini dapat melahirkan talenta dan karya-karya yang mengharumkan negara kita, Indonesia baik nasional maupun internasional.”
Lebih jauh ia menjelaskan, kolaborasi ini harus win win solution. "Oleh karena itu, pada program Vol. 1, kami berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara. Begitu juga dengan KitKat. Produksi kemasan khusus yang dikerjasamakan ini ludes terjual, sebanyak 2 juta. Bahkan, ada yang dijadikan koleksi," ungkapnya.
Ditambahkan Direktur Corporate Affairs PT Nestlé Indonesia Sufintri Rahayu, “Penyelenggaraan kompetisi ini merupakan bentuk komitmen PT Nestlé Indonesia sebagai perusahaan yang telah beroperasi lebih dari 50 tahun di Indonesia untuk turut mendukung visi dan misi Kemenparekraf RI. Kami berharap program yang dilaksanakan oleh KitKat dapat turut mendorong pelestarian budaya lokal, memajukan sektor pariwisata dalam negeri, serta mendukung peningkatan daya saing UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia, termasuk dalam sektor bisnis dan pariwisata. Tentunya, selamat kepada para pemenang KitKat® Breakreasi Design Challenge Vol.2 #DiIndonesiaAja!”
Terkait kompetisi, dijelaskan Business Manager Confectionery PT Nestlé Indonesia Pritha, tahun ini jumlah kepesertaan meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu, yakni 602 desain dari seluruh Indonesia. Karya yang masuk diseleksi oleh tim juri yang terdiri dari Kemenparekraf RI, pihak KitKat, Ilustra See (Ilustrator), Adrianka Anka (Digital Creator), dan Naela Ali (Ilustrator).
“Melalui kompetisi Breakreasi Design Challenge Vol.2 #DiIndonesiaAja, kami berharap anak muda Indonesia lebih mengenal budaya dan pariwisata dalam negeri, sehingga dapat mendorong mereka untuk memilih ‘break’ atau liburan #DiIndonesiaAja. Kompetisi tahun kedua ini menghadirkan dua kategori lomba yaitu Individu dan Tim dengan tema desa wisata, acara tradisional, dan aktivitas travelling " urainya.
Setelah melalui tahap seleksi oleh para juri, akhirnya terpilih para pemenang Kategori Individu, yaitu Emira Bunga Ramadhan, Arif Rachmad Wijanarko, dan Ervina Mugi Astari. Kategori Tim dimenangkan oleh Muh Ayub Tahang dan Kurnia Afdillah, Ameerakhaiya Syamsuar dan Amarrakhaisya Syamsuar, dan Shakira Talitha Bryliana Fajar dan R. P. Hero Wijaya.
Desain kemasan KitKat Breakreasi spesial pariwisata #DiIndonesiaAja akan dicetak terbatas dalam kemasan KitKat multipack (6x17g) dan KitKat 4F (35g), dan KitKat Travel Pack total 2,5 juta pieces yang akan tersedia di minimarket terdekat dan toko souvenir pada 15 Agustus 2023 selama persediaan masih ada.