MIX.co.id - Lembaga penyiaran nasional NET menggelar program “NET Goes to Campus” pada hari ini (24/2), di UPN Veteran Jakarta. Menggandeng Kopi Kenangan dan UPN Veteran Jakarta, NET melakukan edukasi kepada lebih dari 300 mahasiswa tentang bagaimana mengembangkan konten kreatif di media dan pola konsumsi media penyiaran secara positif. Kegiatan literasi media penyiaran NET Goes to Campus ini, rencananya akan digelar di empat kampus selama periode Februari hingga Mei 2023 mendatang.
Dituturkan Nugroho Agung Prasetyo, AVP Brand Communications NET, NET Goes to Campus merupakan inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) NET yang digelar untuk memperluas pemahaman mahasiswa terkait perkembangan media penyiaran di era digital saat ini. “Kami sangat mengapresiasi antusiasme civitas akademi UPN Veteran Jakarta yang terlibat dalam kegiatan literasi media NET. Kami juga berterima kasih kepada Kopi Kenangan yang turut mendukung upaya bersama ini dalam memperkuat kapasitas dan potensi mahasiswa di kampus agar kelak dapat menjadi lulusan yang lebih kompetitif dimana pun berada,” ucapnya.
Di program NET Goes to Campus kali ini, NET menghadirkan sejumlah pembiara seperti Dwi Putri Rizkinanda (Senior Social Media Specialist NET), Dr. Radita Gora Tayibnapis, M.M. (Dosen Ilmu Komunikasi), dan Juanarta Angga Wijaya (Assistant Brand Manager Kopi Kenangan). Mereka membuka sessi pertama dengan tips dan trik mudah membuat konten kreatif pendek di media digital.
Setelah paparan pertama, peserta (mahasiswa) mendapatkan tugas untuk membuat konten kreatif secara berkelompok, yang terdiri dari 2-3 mahasiswa. Sejumlah mahasiswa cukup aktif berkompetisi membuat konten Instagram (IG) reels challenge yang berhadiah total jutaan rupiah tersebut.
Memasuki sesi kedua, peserta yang telah selesai membuat konten kreatifnya, kembali ke kelas untuk melanjutkan kegiatan literasi media NET Goes to Campus tersebut. Olwin Pangaribuan, VP Digital NET, yang merupakan salah satu praktisi yang turut mengembangkan platform OTT (Over the Top) Netverse berbagi kepada mahasiswa tentang wawasan perkembangan industri penyiaran di era digital yang mengalami banyak perubahan, termasuk pola konsumsi media di Indonesia. Selanjutnya, Anggi Anandatiya, AVP of Production NET, turut berbagi tips berpikir kreatif dalam membangun konten yang menarik dan positif untuk penontonnya.
Pada kesempatan ini, Rektor UPN Veteran Jakarta Dr. Anter Venus MA Comm menyambut positif kegiatan NET Goes to Campus yang tahun 2023 untuk pertama kalinya digelar di kampusnya. “Dengan adanya kerja sama seperti ini, tentunya sangat mengedukasi mahasiswa-mahasiswi kami. Saya berharap semoga nantinya mahasiswa-mahasiswi kami akan memiliki kapasitas dan jiwa kompetisi yang besar. Tidak cukup hanya bisa bicara dalam kelas, namun harus bisa menguasai dunia kerja ke depan.”