MIX.co.id - Genap berusia Tujuh tahun, Jenius dari PT Bank BTPN Tbk. berhasil mencatatkan kinerja positif. Hingga akhir Juni 2023, Jenius mencatatkan pertumbuhan pengguna (registered user) sebesar 19% secara tahun ke tahun, menjadi 4,8 juta. Dana Pihak Ketiga (DPK) yang dikelola Jenius pun meningkat 43% secara tahun ke tahun menjadi Rp 24,7 triliun. Sementara itu, total produk pinjaman mencapai Rp 1,3 triliun, atau tumbuh 119% secara tahun ke tahun.
Diungkapkan Irwan Tisnabudi, Digital Banking Head Bank BTPN, pada konferensi pers yang digelar hari ini (22/8), di Jakarta, pada usia tujuh tahun ini, Jenius terus berinovasi melalui proses kokreasi dengan masyarakat digital savvy.
Jenius telah meluncurkan dan melakukan pengembangan sederet fitur sepanjang paruh tahun pertama 2023 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat digital savvy yang juga semakin berkembang. Di antaranya, fitur akses scan QRIS dari aplikasi Jenius yang lebih mudah, top up dan kelola mandiri e-money dari e-Wallet Center, penukaran Yay Points, perpanjangan jam operasional aktivasi dan tukar mata asing di Jenius, Jenius Paylater, dan program #FlexiRasaMaxi 2.
Lebih jauh ia menjelaskan, inovasi fitur di atas merupakan hasil dari proses kokreasi dan kolaborasi yang Jenius terus lakukan sejak awal berdiri. Sebanyak 44.000 kokreator (anggota komunitas Jenius Co.Create) telah tergabung di Jenius Co.Create untuk menyampaikan suara dan masukannya ke Jenius untuk pengembangan solusi life finance. Proses kokreasi ini juga telah Jenius lakukan melalui lebih dari 1.024 survei daring, diskusi kelompok terpumpun (DKT), wawancara mendalam yang melibatkan lebih dari 116.212 anggota masyarakat digital savvy sebagai responden, dengan rata-rata sebanyak 17 kegiatan wawancara yang dilakukan setiap bulannya.
Pada momen perayaan ulang tahun ketujuh ini, Jenius juga merilsi studi bertajuk "Jenius Study: Kebiasaan Finansial Digital Savvy 2023", serta menghadirkan program 7 hari 7 malam #jadilebihjenius dengan beragam penawaran spesial yang dapat dinikmati teman Jenius.
Hasil studi yang dilangsungkan pada Agustus 2023 dengan melibatkan 156 responden berusia 17-41 tahun itu mengungkapkan sejumlah fakta. Fakta pertama, 96% teman Jenius rutin menabung, meningkat dari 70% pada tahun sebelumnya. Sebanyak 73% dari semua teman Jenius yang sudah rutin menabung ini ternyata mengalokasikan dana untuk menabung lebih dari yang disarankan oleh perencana keuangan (10%-20% dari pendapatan). Teman Jenius dapat menabung dengan lebih mudah dan disiplin untuk memenuhi kebutuhan dan impian mereka dengan menggunakan fitur Jenius, yaitu Save It (Flexi Saver, Dream Saver, & Maxi Saver).
Sementara itu, ada 83% teman Jenius yang sudah menyadari pentingnya mencatat cash flow, yakni naik dari 73% pada tahun sebelumnya. Salah satu cara yang membantu teman Jenius mengatur cash flow adalah dengan melakukan cicilan (93%). Pada tahun 2023, 55% teman Jenius sudah menggunakan Flexi Cash untuk membantu mengatur cash flow, antara lain untuk modal bisnis, renovasi rumah, beli barang impian, dan lainnya.
Teman Jenius dapat mengelola cash flow dengan lebih baik dan mudah dengan menggunakan fitur-fitur Jenius, seperti Moneytory, Flexi Cash, Paylater, Kartu Kredit Jenius Visa, Split Pay, dan Cicilan Jenius Pay.
“Fitur-fitur pada aplikasi Jenius juga membantu teman Jenius untuk bertransaksi dengan lebih simpel baik di dalam dan luar negeri. Jenius Study juga mengungkapkan bahwa Kartu Debit Jenius Visa (m-Card) telah menemani dan mempermudah teman Jenius untuk bertransaksi selama bepergian ke 188 negara di berbagai benua, antara lain Asia, Australia, Eropa, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan,” urainya.
Selanjutnya, sebagai bentuk apresiasi terhadap teman Jenius, pada momen perayaan ulang tahun yang ketujuh kali ini, Jenius menghadirkan program 7 hari 7 malam #jadilebihjenius lewat beragam penawaran spesial ulang tahun. “Penawaran spesial ini telah berlangsung selama 7 hari penuh mulai 11 hingga 17 Agustus, yang terdiri dari 7 penawaran spesial di tempat makan dan minum pilihan, 7 penawaran spesial di merchant pilihan, hingga 7 penawaran spesial dari fitur pilihan Jenius,” paparnya.
Hasilnya, teman Jenius dengan cepat menghabiskan sejumlah promo pada hari pertama peluncuran program 7 hari 7 malam #jadilebihjenius, dan Jenius mencatat peningkatan transaksi selama periode promo. “Berdasarkan hal ini, Jenius akan kembali menghadirkan program 7 hari 7 malam #jadilebihjenius dengan beragam penawaran spesial pada bulan September mendatang,” pungkasnya.