Kementerian Pariwisata menargetkan 20 juta kunjungan wisatawan ke Indonesia pada tahun 2019 mendatang. Peluang itu masih sangat memungkinkan, mengingat pada tahun 2020 jumlah kunjungan wisatawan internasional akan mencapai lebih dari 1,56 miliar. Dari jumlah tersebut, sebanyak 397 juta wisatawan atau 25%-nya, diprediksi akan mengalir ke kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia.
Guna mencapai target tersebut, berbagai upaya dilakukan pemerintah Indonesia lewat Kementerian Pariwisata. Tentu saja, mengandalkan Bali sebagai salah satu destinasi wisata tidaklah cukup. Keindahan dan kekayaan kota lainnya di Indonesia perlu dibranding dan dipasarkan guna mencapai target tersebut.
Adalah Sales Mission Perancis merupakan salah satu program yang dilakukan Kementerian Pariwisata untuk memasarkan kota-kota yang ada di Indonesia. Program tersebut bekerja sama dengan VITO (Visit Indonesia Tourism) Perancis, yang merupakan representatif Kementerian Pariwisata Indonesia di Perancis.
“Indonesia lebih dari bersemangat untuk melakukan promosi di pasar-pasar utama, terutama di Perancis, untuk mencapai target 20 juta kedatangan pada 2019.” Tutur Nia Niscaya, Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika, dan Afrika Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.
Sejatinya, Sales Mission adalah kegiatan menjemput bola yang diadakan di beberapa negara, dalam bentuk misi penjualan dengan mempertemukan sellers Indonesia dan buyers international, wholesellers, dan travel agents guna mengenalkan destinasi-destinasi wisata di Indonesia ke mancanegara .
Sales Mission Perancis 2016 tersebut menjadi Sales Mission pertama yang digelar secara roadshow di empat kota di Perancis, antara lain Lyon, Toulouse, Nantes, dan Paris. Program dimulai dari tanggal 26 hingga 29 September 2016.
Dipilihnya Perancis sebagai salah satu negara tujuan “Sales Mission 2016”, karena pada periode Januari-Juli 2016 tampak kenaikan wisatawan mancanegara Perancis sebesar 20,79% jika dibandingkan tahun lalu yang mencapai 134.965 pengunjung. Tahun ini, Kementerian menargetkan 250.000 pengunjung untuk wisatawan Perancis. Dengan regulasi bebas visa, diharapkan akan mempermudah wisatawan Perancis untuk berwisata ke Indonesia.
Maria Mayabubun, selaku Ketua Delegasi Sales Mission Perancis 2016 yang juga merupakan Kepala Bidang Promosi Pasar Eropa, mengatakan, “Selain presentasi, Tim Sales Mission Perancis 2016 juga akan berkeliling keempat kota tersebut dengan menggunakan bus yang sudah dibranding sangat Indonesia agar menarik perhatian masyarakat di Perancis. Penampilan tari dan kesenian tradisional Indonesia juga tidak ketinggalan untuk diperkenalkan.”