MIX.co.id - Berdasarkan hasil survei yang dilakukan penyedia layanan consumer insights Populix kepada 1.041 responden di beberapa pulau di Indonesia menunjukkan bahwa 73% responden menganggap memiliki asuransi kesehatan merupakan hal yang penting.
Temuan dari survei yang dilakukan pada Januari 2023 ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia yang sudah memiliki asuransi, mayoritas memiliki asuransi kesehatan, baik dengan pendanaan pribadi maupun benefit dari perusahaan.
Survei yang dilakukan untuk mengetahui persepsi dan perilaku masyarakat Indonesia terhadap produk asuransi kesehatan dan jiwa ini juga menunjukkan bahwa layanan digital dan proses klaim yang cepat dan akurat menjadi pertimbangan responden dalam memilih asuransi.
Berangkat dari fakta itu, Good Doctor menjalin kemitraan strategis dengan perusahaan penyelenggara klaim berbasis web, iziklaim. Kemitraan Business-To-Business (B2B) dengan perusahaan asuransi itu dinilai sangat penting, karena bisnis ini merupakan payor terbesar kedua setelah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan).
Dijelaskan Chief Operating Officer PT Good Doctor Technology Indonesia Dieter Lynton Kurt Werwath, “Kami menghargai kepercayaan yang diberikan iziklaim untuk menyediakan layanan telemedisin bagi peserta asuransi kesehatan yang menggunakan sistem klaim berbasis web iziklaim. Kami yakin bahwa layanan kesehatan berbasis teknologi yang kami miliki dapat memaksimalkan manfaat rawat jalan peserta asuransi kesehatan karena mereka dapat melakukan lebih banyak konsultasi dengan dokter-dokter kami. Kolaborasi ini sekaligus menunjukkan bahwa inovasi teknologi dapat memenuhi keinginan peserta asuransi untuk memperoleh layanan kesehatan berkualitas dengan harga terjangkau melalui aplikasi Good Doctor sekaligus kemudahan mengklaim manfaat rawat jalan melalui web iziklaim.”
Untuk bisa memperoleh layanan telemedisin, peserta asuransi kesehatan via iziklaim hanya perlu menghubungkan kartu asuransi mereka dengan aplikasi Good Doctor. Setelah terhubung, peserta asuransi dapat melakukan telekonsultasi dengan dokter umum dan dokter spesialis kapan pun dan di mana pun, sehingga tidak lagi ada hambatan bagi peserta untuk memperoleh layanan kesehatan.
Telekonsultasi juga dapat dimanfaatkan untuk memperoleh gaya hidup sehat dari para ahli tepercaya yang sesuai dengan kebutuhan tiap peserta. Kenyamanan lain yang akan dirasakan peserta adalah menerima obat atau vitamin di tempat tinggal mereka dalam waktu sekitar satu jam setelah selesai telekonsultasi.
Diimbuhkan Chief Operating Officer iziklaim Alan Makagiansar, “Kami selalu meningkatkan layanan kepada klien kami dengan melakukan inovasi teknologi. Dengan iziklaim, peserta dapat langsung mengklaim manfaat rawat jalan mereka dengan mudah dan cepat. Sistem klaim elektronik kami memampukan peserta dan petugas layanan kesehatan mengetahui limit rawat jalan peserta, sehingga mereka tidak perlu lagi menghubungi pihak asuransi. Peningkatan layanan lain yang kami lakukan adalah kerja sama dengan Good Doctor, sehingga para peserta asuransi dapat menikmati layanan telemedisin berupa telekonsultasi dan pengantaran obat yang dapat memaksimalkan manfaat rawat jalan mereka. Dengan kemitraan ini, peserta asuransi Kesehatan dapat memperoleh layanan kesehatan sekaligus mengklaim manfaat rawat jalan tanpa dibatasi waktu dan tempat.”