Google Kampanyekan Aplikasi Berbasis Suara

Google memulai kampanye bertajuk “Tanya aja Google App” pada Rabu, (10/6) di Jakarta, yang didesain sesuai dengan perilaku pengguna saat melakukan proses mencari di Google. Kampanye ini bertujuan untuk membuat pengguna semakin mudah dalam menemukan informasi, sekaligus memperkenalkan fitur suara “OK Google” dalam setelan Bahasa Indonesia di ponsel.

png_base64beeaa7c0516178e Google memulai kampanye bertajuk “Tanya aja Google App” pada Rabu, (10/6) di Jakarta, yang didesain sesuai dengan perilaku pengguna saat melakukan proses mencari di Google

“Netizen tak hanya menggunakan Google untuk pertanyaan-pertanyaan serius atau akademis saja, tapi juga untuk membantu mereka mendapatkan informasi yang tepat dalam waktu yang tepat, seperti saat sedang memasak atau menonton bioskop. Dengan pencarian berbasis suara, kami berharap pengguna di Indonesia semakin mudah menemukan informasi yang mereka perlukan,” tutur Sandy Tantra, Consumer Marketing, Google Indonesia.

Ada dua hal yang berbeda dari perilaku netizen saat mencari di Google: mereka cenderung mengetik kalimat yang lebih panjang, dan menggunakan bahasa yang kasual seperti berbicara dengan seorang teman. Sebagai contoh, jumlah pencarian “cara membuat” di Google Indonesia meningkat 80% sejak tahun 2011, dan kata kunci yang digunakan juga berubah lebih kasual dan mencerminkan rutinitas keseharian.

Menurut Sandra, kampanye “Tanya Aja Google App” bertujuan untuk membuat pengguna semakin mudah dalam menemukan informasi, sekaligus memperkenalkan fitur suara “OK Google” yang sudah dapat diaktifkan dalam Bahasa Indonesia melalui setelan bahasa di ponsel. Dengan tambahan fitur ini, pengguna tak perlu mengetik untuk mencari di Google.

Dalam pelaksanaannya, fitur suara “OK Google” sangat mudah digunakan, “cukup katakan “OK Google”, dan mereka bisa melakukan pencarian. Ketika pengguna bertanya pertanyaan seperti Hasil skor Liga Inggris atau Restoran Bakmi dekat saya, Google App akan menjawab pertanyaan secara langsung, dalam Bahasa Indonesia.

Kampanye yang dilakukan Google untuk memperkenalkan fitur terbarunya melalui aplikasi yang tersedia di Apps Store dan iOs tersebut ini bukan pertama kali dilakukan. Namun, pihak Google Indonesia menyakini trend pencarian yang semakin massif terjadi pula dengan banyaknya kebutuhan orang untuk menemukan berbagai jawaban dari netizen yang tinggal di kota – kota besar. Kampanye “Tanya aja Google App” akan menampilkan pertanyaan-pertanyaan unik Google di pusat-pusat aktivitas seperti bioskop, gym, food court, supermarket, hingga commuter line.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)