MIX.co.id – GrabAds, penyedia solusi periklanan terintegrasi, terus berupaya membekali para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) meraih sukses di lanskap digital yang kompetitif.
Melinda Savitri, Country Marketing Head, Grab Indonesia & OVO, mengungkapkan berbagai inisiatif akan terus dilakukan oleh Grab seperti memberdayakan para pedagang secara digital melalui aplikasi GrabMerchant dan mengoptimalkannya dengan menggunakan GrabAds untuk mengiklankan produk mereka.
“Kami terus berupaya untuk memfasilitasi pelaku UKM dalam mengembangkan bisnis mereka,” ujarnya dalam keterangan pers, Selasa (23/7), di Jakarta.
Seperti dialami Firman, pelaku UKM kuliner Surabi Bandung Kabita, yang sukses memanfaatkan GrabAds untuk mengembangkan bisnisnya.
Berdiri sebagai bisnis keluarga di Bali, Surabi Bandung Kabita awalnya menggunakan konsep angkringan tradisional. Menyadari adanya perubahan dalam pasar yang semakin terdigitalisasi, Firman, sang anak dari pendiri usaha, menggagas strategi baru dengan memanfaatkan alat digital untuk ekspansi bisnis.
Ia memperluas pergerakan bisnisnya secara digital, dengan menggabungkan aplikasi pengiriman online dan media sosial, yang kemudian membawanya untuk mengadopsi GrabAds pada 2019.
Dengan mengoptimalkan visibilitas brand melalui kampanye iklan dan iklan penelusuran, Surabi Bandung Kabita mencapai pertumbuhan penjualan yang signifikan dan meningkatkan keterlibatan pelanggannya dengan 5.000 pelanggan baru.
Sejak saat itu, Surabi Bandung Kabita berkembang dari sebuah warung angkringan menjadi sebuah tempat pujasera bernama Gatsu Kuliner Food Court. Ia berbagi ilmunya dengan para penjual lain di food court tersebut.
Mengembangkan bisnis, menurutnya, bukan hanya tentang menjual produk, tapi juga tentang menciptakan pengalaman yang sesuai dengan pelanggan.
“Dengan berfokus pada aspek utama ini, kami tidak hanya meningkatkan visibilitas, tetapi juga membangun brand yang dapat diandalkan dan menarik sehingga pelanggan akan terus datang kembali,” ujar Firman.
Berkaca dari pengalamannya bersama GrabAds, ada beberapa hal penting yang dapat diambil oleh brand lokal yang ingin mengoptimalkan upaya pemasaran digital, yakni mengidentifikasi peluang untuk berkembang.
Pemilik bisnis harus secara aktif mengidentifikasi area untuk ekspansi dan daya saing agar dapat tetap unggul di pasar. Dengan memanfaatkan analisis data yang tersedia dari platform seperti GrabAds, para pelaku bisnis dapat secara efektif mengukur efektivitas kampanye mereka dan mengidentifikasi peluang untuk berkembang.
Kemudian, platform pemasaran bertarget. Seperti yang dialami Firman dengan GrabAds, menggunakan data pihak pertama hiperlokal yang tersedia di platform, ia mampu menjangkau demografi spesifik yang kemungkinan besar tertarik dengan penawaran Surabi Bandung Kabita.
Tak kalah penting adalah pembelajaran dan adaptasi berkelanjutan. Firman berpartisipasi dalam kelas-kelas online, termasuk yang ditawarkan oleh GrabAcademy, untuk mendapatkan wawasan yang dapat membantunya ketika ia menghadapi kesulitan dalam mengembangkan bisnisnya. ()