Setelah Honda Prospect Motor bercokol sekian lama di area taman bermain KidZania Jakarta, tepatnya sejak wal KidZania berdiri, tahun ini giliran Mitsubishi Motor turut berpartisipasi. Ya, mulai April 2016 ini, Mitsubishi memanfaatkan KidZania sebagai salah satu channel komunikasi untuk membangun brand awareness Mitsubishi di segmen anak, yang notabene menjadi future market bagi Mitsubishi.
PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), selaku distributor resmi kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia, bekerja sama dengan KidZania Jakarta membangun empat establishment seru nan mendidik. Keempat establishment tersebut adalah Mitsubishi Training Center, Mitsubishi Test Drive, Mitsubishi Car Dealer, dan Mitsubishi Race Track KidZania Jakarta.
“Selain untuk memperkenalkan dunia otomotif pada anak-anak sejak dini, kami juga ingin menciptakan suatu ikatan antara brand Mitsubishi Motors dengan keluarga Indonesia melalui kegiatan yang edukatif namun tetap menyenangkan. Hal itu sejalan dengan konsistensi kami memperkenalkan kendaraan penumpang Mitsubishi Motors yang cocok untuk keluarga Indonesia,” ujar Hisashi Ishimaki, Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (Mitsubishi Motors).
Menurut Kerry Riza, Presiden KidZania Jakarta, keempat establishment Mitsubishi Motors tersebut juga bermanfaat untuk memperkenalkan pentingnya safety driving kepada anak-anak. “Seperti halnya di dunia nyata, di KidZania juga ada profesi pembalap dan wiraniaga. Di sini, anak akan diajak memahami bahwa untuk bisa mengendarai mobil termasuk menjadi pembalap, ia mesti mengenal, memahami, dan mentaati aturan lalu lintas terlebih dahulu,” ujarnya.
Mitsubishi Motors Training Center
Terdapat tiga kegiatan dalam arena ini, yaitu Safety Driving School, dimana anak-anak belajar berkendara dengan aman menggunakan Driving Simulator sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan SIM, yang bisa digunakan untuk berkendara di Mitsubishi Race Track. Kedua, Mechanic Corner, dimana anak-anak akan belajar menjadi mekanik Mitsubishi dengan melakukan tes gas emisi dan juga wheel balancing. Ketiga, Driving License Office, dimana anak-anak akan mendapatkan SIM setelah memenuhi semua persyaratannya.
Mitsubishi Motors Car Dealer
Pada establishment ini, anak-anak dapat melatih kemampuan berkomunikasi dengan bermain peran sebagai wiraniaga dan customer. Saat menjadi wiraniaga, anak akan menawarkan serta memberikan informasi tentang produk Mitsubishi Outlander Sport. Terdapat juga mesin yang dipajang untuk memperkenalkan cara kerja mesin kendaraan kepada anak-anak.
Mitsubishi Motors Race Track
Melalui establishment ini, anak-anak yang telah mendapat SIM dan memenuhi batas minimum tinggi badan dapat menjajal kemampuan mengemudi dan menjadi pebalap. Terdapat beberapa pilihan kendaraan, yaitu Mitsubishi Pajero Sport, Delica, Outlander Sport, Mirage, dan Triton.
Mitsubishi Motors Test Drive
Establishment ini ditujukan bagi anak-anak yang telah mendapatkan SIM namun tinggi badannya masih di bawah batas minimum untuk establishment Race Track agar tetap dapat ikut mencoba mengendarai mobil. KTB dan KidZania Jakarta berharap dengan diberikannya gambaran industri otomotif, safety security serta pemahaman bidang teknisi, operation, service dan lainnya akan memudahkan anak-anak untuk menentukan cita- citanya kelak setelah dewasa.