Digital services menjadi pasar yang begitu menjanjikan. Tak sedikit operator selular di Indonesia mulai melirik bisnis baru ini sebagai revenue tambahan perusahaan. Sebut saja mobile advertising dan mobile financial--salah satu produk mobile services--yang belakangan tengah ramai-ramai dijajaki oleh sejumlah operator.
Di tahun 2015, layanan XL Digital Services ditargetkan akan memberikan kontribusi 5-7 persen terhadap revenue XL, dan layanan mobile financial diharapkan dapat menyumbang 25 persen terhadap total revenue XL Mobile Services.
Fakta itu diakui oleh Dian Siswarini, Direktur Teknologi, Konten, dan News Business XL. Menurutnya, saat ini digital services merupakan bagian dari kehidupan masyarakat, karena hal itu membuat kehidupan lebih mudah. XL sendiri sudah mulai fokus di digital services sejak akhir tahun 2011.
"Di XL digital services, kami memiliki mobile advertising, mobile financial, mobile commerce yang sedang digarap, mobile machine to machine, hingga data centre yang bisa dimanfaatkan oleh korporasi," ujar Dian.
Untuk itu, pasca sukses meluncurkan XL Tunai Domestik di Juni 2012, XL sukses meluncurkan XL Tunai Dosmetik, awal Februari 2013, XL kembali meluncurkan XL Tunai International Remittance. "Data menunjukkan baru 40 persen masyarakat Indonesia yang memiliki akun di bank. Untuk itu, kami melihat masih ada pasar yang menjanjikan di sana. Selain itu, saat ini sudah ada 250 ribu pelanggan Xl yang sudah memanfaatkan XL Tunai," ungkap Dian, tentang latar belakang peluncuran XL Tunai.
Seperti dompet elektronik, XL Tunai International Remittance menawarkan layanan yang membuat pelanggan XL bisa menerima kiriman uang dari Malaysia dan Arab Saudi. XL pun menggandeng Western Union, yang mempunyai 1.110 cabang di lebih dari 200 negara di dunia, serta Alfamart yang memiliki gerai lebih dari 7.100. "Kiriman dari luar negeri tersebut bisa dicairkan di 120 XL Center, 3000 XL Agent, dan 7100 cabang Alfamart," lanjutnya.
Dengan kehadiran XL Tunai International Remittance, XL berharap jumlah pelanggan XL Tunai--baik internasional maupun domestik--menjadi 2 juta pelanggan hingga akhir tahun 2013 ini. Dian optimis, tahun 2015 nanti XL akan mampu menuai untung dari digital services.
"Targetnya, tahun 2015, XL Digital Services akan memberikan kontribusi 5-7 persen terhadap total revenue XL. Sementara itu, mobile financial diharapkan dapat menyumbang 25 persen terhadap total revenue XL Mobile Services di tahun 2015," patok Dian.