News Trend

Hari Pangan Sedunia: Bank DBS Indonesia dan Badan Pangan Nasional Suarakan Bijak Kelola Sampah Makanan

MIX.co.id – Memperingati Hari Pangan Sedunia yang jatuh setiap tanggal 16 Oktober, Bank DBS Indonesia meluncurkan kampanye “Live more, Waste Water & Food less”. Kampanye ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pengurangan pemborosan makanan dan upaya konservasi air. Berbagai pembicara, seperti VP External Communications PT Bank DBS Indonesia Rifka Suryandari, Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional Dr. Drs. Nyoto Suwignyo, MM, Head of eFishery Fund and Ops of eFishery Diajeng Reisa Manik, CEO Foodbank of Indonesia Hendro Utomo, serta Founder Lyfe with Less Cynthia Indah Lestari membagikan pandangan mereka dalam diskusi seputar isu lingkungan dan keberlanjutan, terutama mengenai sampah makanan.

Menurut data dari United Nations Environment Programme (UNEP) atau Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tahun 2020, Indonesia menempati peringkat keempat untuk tingkat sampah makanan tertinggi di dunia yakni sebesar 20,94 juta metrik ton. Permasalahan ini menjadi semakin genting karena pemborosan makanan diproyeksikan akan meningkat hingga 31 persen pada tahun 2030. Kesadaran rendah dan pemahaman yang terbatas mengenai isu ini menjadi salah satu kendala utama dalam menghadapi pemborosan makanan dan air. Alih-alih dianggap pemborosan, masyarakat memiliki persepsi bahwa kelebihan makanan adalah tanda kemakmuran. Terdapat juga kesalahpahaman bahwa sampah makanan tidak berbahaya, karena pada akhirnya akan terurai. Memahami bahwa sisa sampah makanan dapat memberikan kontribusi signifikan pada emisi gas metana yang berpotensi merusak lingkungan, Bank DBS Indonesia sebagai bank yang digerakkan oleh tujuan positif mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih sadar akan isu ini.

“Kami percaya bahwa kita semua, baik pemerintah, swasta, hingga masyarakat memiliki peran dalam mengatasi permasalahan sampah makanan demi menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan. Melalui kampanye ‘Live more, Waste Water & Food less’, kami mengikrarkan janji untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan isu sampah makanan dan konservasi air dengan semangat ‘Water is life, water is food, and leave no one behind’. Dengan ini, kami berharap dapat menginspirasi perubahan positif dan mengajak masyarakat untuk berkontribusi nyata dalam menciptakan dunia yang lebih baik, sejalan dengan visi kami untuk menjadi ‘Best Bank for a Better World’,” ujar Head of Group Strategic Marketing & Communications PT Bank DBS Indonesia Mona Monika.

Kampanye ini selaras dengan agenda pemerintah melalui Badan Pangan Nasional untuk mengatasi permasalahan sampah makanan yang salah satunya diimplementasikan melalui program “Gerakan Selamatkan Pangan”. Dengan tujuan menyelamatkan pangan yang berpotensi menjadi sampah makanan, Gerakan Selamatkan Pangan terdiri dari tiga kegiatan utama yaitu penyediaan, pengumpulan, penyortiran dan penyaluran pangan melalui donasi pangan; penyediaan platform penyelamatan pangan yang dapat diakses secara digital; serta sosialisasi, edukasi dan advokasi melalui kampanye “Stop Boros Pangan” dan “Belanja Bijak”.

Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional Dr. Drs. Nyoto Suwignyo, MM mengatakan, “Melalui program Gerakan Selamatkan Pangan, kami bertujuan untuk mengubah paradigma masyarakat dalam mengelola sampah makanan dan mendorong praktik-praktik yang lebih berkelanjutan. Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi Bank DBS Indonesia serta mitra-mitra di dalam ekosistem yang telah mencanangkan kampanye ‘Live more, Waste Water & Food less’ ini. Besar harapan kami agar kampanye ini menjadi penggerak agar semakin banyak perusahaan yang bergerak ke arah yang lebih hijau serta memberikan motivasi bagi masyarakat untuk semakin bijak dalam mengkonsumsi makanan dan air demi lingkungan yang lebih lestari.”

Page: 1 2

Editor

Recent Posts

Tiga Soft Skill Pekerja yang Bernilai Bagi Perusahaan

MIX.co.id – Kebutuhan atas pekerja yang piawai semakin meningkat seiring dengan keinginan perusahaan untuk berkompetisi…

2 hours ago

Inke Maris Dinobatkan sebagai PR Agency of the Year-Journalist Choice di ajang  “Indonesia PR of The Year 2024”

MIX.co.id - “Indonesia PR of the Year 2024” baru saja digelar Majalah MIX MarComm, Swa…

3 hours ago

‘Indonesia PR of The Year 2024,’ Ajang Rekognisi Program Komunikasi dan Praktisi PR Terbaik

MIX.co.id – Majalah MIX MarComm (SWA Group) kembali menggelar program tahunan “Indonesia PR of The…

4 hours ago

Upaya Kolaboratif Musim Mas, L3F, SNV Indonesia, dan ICRAF Terapkan Model Perkebunan Regeneratif

MIX.co.id - Program Biodiverse & Inclusive Palm Oil Supply Chain (BIPOSC) dengan mengaplikasikan model perkebunan…

5 hours ago

Didukung Jaringan Global, TMI Tangani Klaim Secara Efektif

MIX.co.id – PT Asuransi Tokio Marine Indonesia (TMI), salah satu pemimpin pasar dalam asuransi pengangkutan…

7 hours ago

Propan Sandimas Experience Center Pamerkan Deretan Produk Inovatif hingga Layanan Konsultasi

MIX.co.id - Produsen cat lokal Propan Raya dan pemasok bahan bangunan Sandimas berkolaborasi menghadirkan Propan…

11 hours ago