Tingginya potensi pasar produk audio di Indonesia mendorong Harman Professional--pemimpin global dalam sistem audio, video, tata cahaya dan system kontrol, termasuk AV jaringan—untuk semakin agresif. Objektifnya, tentu saja untuk makin memperkuat pasarnya di Tanah Air. Mengingat, Indonesia menjadi pasar yang sangat penting bagi Harman Professional.
Keseriusan Harman Professional menggarap pasar Indonesia ditandai dengan ditunjuknya IMS Indonesia (PT Inti Megah Swara) sebagai distributor eksklusif untuk merek-merek audio di bawah bendera Harman Professional. Antara lain, merek AKG, BSS, Crown, DBX, Lexicon, JBL Professional, dan Soundcraft.
Diungkapkan Ramesh Jayaraman, VP dan GM Solusi Harman Professional APAC, pada hari ini (24/7), di Jakarta, “Indonesia adalah pasar yang sangat penting untuk Solusi Harman Professional di wilayah Asia Pasifik. Sejalan dengan fokus kami pada pertumbuhan dan penguatan di seluruh merek, kami resmi menunjuk IMS Indonesia sebagai mitra distribusi audio Harman Professional di Indonesia.”
Ditunjuknya IMS Indonesia sebagai distributor eksklusif Harman Professional tak lepas dari performa cemerlang yang dimiliki IMS Indonesia, yang saat ini memimpin pasar dalam mendistribusikan merek audio berkualitas di seluruh Indonesia sejak tahun 2000.
Dijelaskan James Eric Pribadi, Direktur Penjualan IMS Indonesia, saat ini IMS Indonesia telah memiliki enam cabang di Indonesia, yakni di Surabaya, Makassar, Bali, Bandung, Jakarta, dan Serpong (Tangerang). “Kami juga sudah memiliki 48 toko yang tersebar di seluruh Indonesia. Tahun ini, kami menargetkan jumlah toko mencapai 60 gerai,” ia menargetkan.
Selain di gerai fisik milik sendiri, diakui Eric, IMS Indonesia juga hadir di sejumlah modern store maupun online store seperti Bukalapak, Tokopedia, Sophee, JD.ID, Blibli, dan Lazada. “Memang kontribusi online store masih di bawah 5% untuk- produk-produk audio. Namun, pertumbuhan penjualan di online store sangat pesat, terutama di item produk yang kecil yang tidak membutuhkan instalasi,” paparnya.
Demi memperkuat pasar Harman Professional di Indonesia, IMS Indonesia akan fokus menyasar enam segmen market. Yakni, segmen Ritel (JBL Store, online store, dan dealer store), Instalasi (educatiion, hospitality, transportasi, theme parks, dan corporate), Tour dan Performance Art, Broadcast (televisi, radio, post production, studio musik), bioskop, dan karaoke.
Ditambahkan Eric, menjamurnya Youtubers juga menjadi peluang pasar yang menjanjikan bagi Harman Professional. Sebab, Harman Professional memiliki produk audio dengan harga yang terjangkau. Di antaranya, speaker monitor JBL tipe studio 104 dengan harga 2,8 juta.