MIX.co.id - Berkolaborasi dengan PT Hartadinata Abadi Tbk (Hartadinata) berkolaborasi dengan PT Emas ANTAM Indonesia (EAI) kembali merilis inovasi terbarunya, dengan menambahkan teknologi perlindungan asal Swiss, BullionProtect. Teknologi tersebut akan melekat pada produk emas murni batangan EmasKita. Dengan demikian, EmasKita menjadi produk emas murni batangan pertama di Indonesia yang dapat dipegang secara langsung.


Acara Grand Launch of The New EmasKITA with BullionProtect Technology digelar di Jakarta, pada hari ini (12/7). Pada kesempatan itu, Hartadinata dan EAI memperkenalkan rangkaian produk emas murni batangan dengan kemasan baru dan desain eksklusif untuk emas ukuran 10g, 25g, 50g, dan 100g.

Diungkapkan Sandra Sunanto, CEO PT Hartadinata Abadi Tbk., “Hartadinata dan EAI berkomitmen untuk selalu menghadirkan inovasi guna mendorong minat investasi emas. Penambahan fitur keamanan BullionProtect pada produk EmasKITA menjadi nilai tambah tersendiri. Hadir dalam kemasan eksklusif, konsumen bisa mengeluarkan produk emasnya tanpa perlu khawatir terhadap pemalsuan."

Selama ini, produsen emas murni batangan di Indonesia menjual dan membungkus produknya dalam kemasan yang tertutup rapat untuk alasan keamanan, agar terhindar dari risiko pemalsuan. Fitur pengaman bukti keaslian produk selalu dibubuhkan pada sertifikat, dengan menaruh Hologram, Security QR Code, Security Ink & Paper. Itu sebabnya, sertifikat dan produk emas murni batangan selalu dibungkus rapat dalam satu kesatuan. Sayangnya, hal itu membuat produk emas batangan tidak bisa dipegang secara langsung.

“Kami mendengar ada keinginan pelanggan untuk membeli emas murni batangan, yang bisa dipegang secara langsung. Untuk itu, EAI dan Hartadinata memberikan solusi fitur keamanan yang melekat langsung pada produk emas murni, sehingga produk tidak perlu lagi kami bungkus rapat. Terlebih, teknologi ini mampu mengantisipasi pemalsuan emas,” yakin Bambang Wijanarko, CEO PT Emas Antam Indonesia Tbk.

Sementara itu, teknologi BullionProtect merupakan teknologi terbaru proteksi keaslian logam mulia yang dikembangkan oleh SICPA bekerja sama dengan METALOR Technologies. Teknologi ini telah terbukti dapat melawan dan mengantisipasi tindakan pemalsuan barang yang beredar di pasaran, termasuk pada produk emas batangan, dengan membubuhkan tinta keamanan (security ink) pada permukaan produk emas murni batangan.

Dalam menggunakan teknologi itu, EAI dan Hartadinata bekerja sama dengan SICPA, penyedia solusi keamanan global untuk mata uang tepercaya serta solusi identifikasi, keterlacakan, dan otentikasi yang aman.

Dipaparkan Eric Italiano, Direktur Teknik PT Sicpa Peruri Securink, “Teknologi BullionProtect merupakan solusi keamanan yang memungkinkan semua pelaku dalam rantai pasokan untuk mengautentikasi produk emas murni batangan sesuai dengan panduan LBMA. Segel keamanannya memiliki sifat inheren yang dapat diidentifikasi dan diverifikasi dengan tegas.”

Selain teknologi BullionProtect, produk EmasKITA juga masih memiliki fitur keamanan lain yang sudah ada dari sebelumnya, seperti security QR code yang tertera di belakang kemasan EmasKITA. Pada saat proses scanning, perangkat akan secara otomatis terhubung ke website www.emaskita.id. Jika produk EmasKITA yang dimiliki asli, maka akan muncul notifikasi bertuliskan ‘Produk Asli’ berikut dengan informasi produk.

Dalam rangkaian grand launching ini, Hartadinata dan EAI juga meluncurkan eCommerce emaskita.id sebagai sarana transaksi emas. Platform eCommerce itu untuk melengkapi kanal penjualan digital dari EmasKITA dan Kencana yang juga memiliki toko resmi pada platform Tokopedia dan Shopee di kanal ACC by Hartadinata. Emaskita.id dapat membantu konsumen bukan hanya dalam membeli produk emasKITA dan KENCANA, melainkan juga menjual produknya kembali (buyback).

“Secara bertahap emaskita.id akan dikembangkan menjadi all-in-one solution untuk produk emas dan produk turunan berbasis emas lainnya yang berfokus pada kemudahan dimana konsumen dapat merasakan pengalaman berberlanja yang mudah, menyenangkan, dan lengkap," imbuh Sandra.

Hartadinata dan EAI juga berencana akan merilis sebuah aplikasi digital untuk melengkapi kanal penjualan EmasKITA dan Kencana. Dengan demikian, akan semakin memudahkan konsumen dalam bertransaksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)