Heartology Gelar Edukasi Kesehatan tentang “Serangan Jantung karena Olahraga”

Heartology Cardiovascular Center kembali menggelar program edukasi kesehatan, pada hari ini (8/5). Menghadirkan tema “Serangan Jantung karena Olahraga”, diskusi kesehatan yang digelar secara virtual ini menghadirkan pembicara dr. BRM Ario Soeryo Kuncoro, Sp.JP (K), Consultant Cardiologist.

Pada kesempatan itu, dr. Ario menjelaskan, “Secara umum olahraga baik untuk kita. Namun, olahraga ekstrim bisa beresiko terhadap kesehatan. Latihan olahraga ekstrim dan perlombaan olahraga ketahanan (endurance) dapat mengakibatkan kerusakan jantung dan gangguan irama jantung. Terlebih jika orang tersebut memiliki faktor genetik.”

Lebih jauh ia menjelaskan, pencinta olahraga ekstrim biasanya latihan keras dan memaksa tubuh melewati batas ketahanan normal. Dia mencontohkan, lari marathon atau bersepada jarak jauh dengan terus menerus dalam kurun waktu singkat akan menyebabkan dehidrasi, cedera, dan kelelahan berlebihan.

“Ketika jantung harus dipaksa bekerja keras terus menerus, jantung akan mengalami perubahan bentuk, misalnya penebalan dinding jantung dan pada beberapa orang akan memperberat terbentuknya jaringan parut jantung. Kelainan otot jantung ini salah satunya bermanifestasi sebagai gangguan irama yang dapat menggangu fungsi jantung. Akibatnya, pencinta olahraga ini terancam resiko henti jantung mendadak atau mati mendadak,” jelasnya.

Untuk itu, dr. Ario menganjurkan, bagi pencinta olahraga ekstrim, lakukan cek jantung dengan ekokardiografi secara rutin apabila ada riwayat keluarga meninggal mendadak dan apabila terdapat kelainan pada rekam jantung.

“Ekokardiografi dapat menunjukkan pergerakan, ukuran dan bentuk jantung, serta seberapa baik bilik dan katup jantung bekerja. Ekokardiografi juga dapat menunjukkan area otot jantung yang tidak memompa secara kuat karena suplai darah yang buruk atau terdapat suatu cedera akibat serangan jantung sebelumnya. Berdasarkan hasil ekokardiografi, dokter dapat menyarankan hal yang perlu dilakukan, agar tetap dapat berlatih dengan jantung aman. Untuk itu, tetap berolahraga dan lakukan dengan aman dan terukur,” sarannya.

Sebagai cardiovascular center yang berfokus pada diagnostik, intervensi, bedah jantung, dan pembuluh darah, serta aritmia, Heartology menyediakan layanan kardiovaskular dewasa dan anak, berbasis teknologi mutakhir.

Sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan khusus, Heartology diperkuat oleh tim dokter spesialis dengan subspesialisasi, yang ahli dan berpengalaman di bidang kardiovaskular serta ditunjang oleh fasilitas yang modern. Dengna demikian, heartology dapat memberikan layanan yang paripurna.

Sejatinya, perpaduan tim dokter dan teknologi ini  akan memberikan hasil klinis lebih baik, opsi penanganan jantung sesuai kebutuhan pasien, efektiftivitas biaya, dan pemulihan lebih cepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)