Heboh Antrean Ojol dan Penutupan Gerai Akibat BTS Meal, Bagaimana Tanggapan McDonald’s?

Resmi diluncurkan pada hari ini (9/6) pada pukul 11.00 wib, menu terbatas  BTS Meal yang dirilis McDonald’s Indonesia langsung “diserbu” para ojek online (ojol). Para ojol ini terpaksa mengantre demi memenuhi pesanan para ARMY (sebutan untuk penggemar BTS, boy band asal Korea Selatan). Saat ini, Indonesia memang tercatat sebagai negara yang jumlah ARMY-nya paling tinggi di dunia.

Padahal, sejak awal, McDonald’s Indonesia sudah mengantisipasi kerumunan dengan tidak memberlakukan makan di tempat (dine-in) atau take away untuk menu BTS Meal. Itu artinya, menu BTS Meal hanya boleh dipesan melalui drive-thru, McDelivery, GoFood, Grab Food, dan Shopee Food.

Sayangnya, kerumunan tetap tak bisa dihindari. Hampir seluruh gerai McDonald’s di Indonesia disesaki antrean para ojol. Bahkan, di sejumlah daerah, pihak kepolisian dan Satpol PP terpaksa membubarkan antrean kerumunan, hingga menutup gerai McDonald’s.

Kehebohan juga terjadi di media sosial. Di Twitter misalnya, sejak siang, kata kunci #BTSMeal menjadi trending topic. Kata kunci lainnya yang ikut trending terkait peluncuran ini adalah #ThankYouOJOL dan #WePurpleYouMCD.

Tak hanya itu, beberapa seller di sejumlah platform eCommerce pun menangkap peluang itu dengan menjual kemasan produk berwarna ungu dan berlogo McD dan BTS Meal dengan harga yang cukup fantastis, yakni mulai dari Rp 350 ribu hingga Rp 850 ribu. Padahal, harga menu BTS Meal hanya Rp 51 ribu.  Sementara para ARMY, juga tak kalah kreatifnya dengan membingkai kemasan dalam pigura untuk menjadi koleksi pribadi.

Lantas, bagaimana tanggapan McDonal’s Indonesia terkait kehebohan ini? Dijawab  Sutji Lantyka, Associate Director of Communication McDonald's Indonesia, dalam standby statement  terkait peluncuran BTS Meal hari ini (9/6), “Kami sangat berterima kasih atas antusiasme masyarakat yang sangat besar akan BTS Meal. Perihal penutupan sementara beberapa gerai McDonald’s, keselamatan dan keamanan konsumen dan pelanggan adalah prioritas McDonald’s Indonesia, penutupan dilakukan untuk sementara waktu, demi menghindari kerumunan antrian drive thru dan pembelian delivery. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.”

Lenih jauh ia menegaskan, saat ini McDonald’s memberlakukan buka tutup order pada platform pemesanan untuk menghindari penumpukan antrean dan terus menghimbau seluruh pihak untuk menjaga dan mentaati protokol kesehatan sesuai aturan.

“Kami pun ingin menginformasikan kembali bahwa BTS Meal bukan hanya tersedia hari ini saja, melainkan selama sebulan ke depan, sehingga kepada seluruh pelanggan tidak perlu tergesa dan khawatir akan kehabisan produk ini,” tutupnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)