Herbalife Edukasi Pola Makan dan Gaya Hidup Sehat demi Menjaga Sistem Pencernaan

MIX.co.id - Sebagai perusahaan global yang telah mengubah kehidupan  masyarakat  dengan produk  nutrisi,   Herbalife Nutrition memiliki komitmen untuk menggelar kampanye edukasi tentang gaya Hidup sehat dan aktif. Kampanye edukasi yang digelar secara berkelanjutan itu, kali ini mengusung tema “Menjaga Sistem Pencernaan dengan Pola Makan dan Gaya Hidup yang Sehat”.

Diungkapkan Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife Nutrition Susan Bowerman, menjaga pola makan dengan nutrisi dan seimbang dapat membantu menyehatkan semua sel-sel pada tubuh, termasuk pada saluran pencernaan. Di antaranya, dengan cukup menyediakan makanan yang kaya akan serat, memastikan cukup cairan, dan olahraga yang teratur. 

“Selain itu, sistem pencernan perlu mendapatkan sumber probiotik. Ini adalah bakteri baik yang dapat ditemukan dalam makanan tertentu, yang membantu menjaga keseimbangan hidup mikro organisme secara tepat di saluran pencernaan,” ucap Susan. 

Lebih jauh ia menerangkan, serat adalah bagian struktural dari tanaman, yang bisa ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian, seperti gandum atau beras merah. “Orang dewasa harus makan sekitar 30 gram per hari, tetapi rata-rata orang dewasa hanya makan sekitar sepertiga dari itu,” lanjutnya.

Bahkan, beberapa serat seperti yang ditemukan dalam makanan seperti apel, jeruk, kentang, gandum, dan kacang-kacangan dapat membantu mengurangi rasa lapar, sementara serat yang ditemukan sayuran dan biji-bijian membantu memindahkan makanan melalui usus, sehingga mereka sangat membantu dalam mencegah sembelit.

Sementara itu, cairan membantu serat dalam makanan dalam proses pencernaan dan mendorong sisa makanan yang tidak dibutuhkan tubuh. Selain itu, cairan juga dapat menghasilkan air liur serta membantu pencernaan untuk mengangkut nutrisi ke sel-sel tubuh. 

“Oleh karena itu, mengkonsumsi cairan yang cukup setiap hari sangat penting. Tidak hanya untuk kesehatan sistem pencernaan tetapi juga untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tubuh membutuhkan minimal delapan gelas cairan sehari di luar minuman berkalori lainnya, seperti teh atau kopi,” urainya.

Susan melanjutkan, probiotik dalam makanan dapat membantu meningkatkan keseimbangan dari berbagai bakteri yang berada di saluran pencernaan. Salah satu bakteri probiotik yang paling umum yang berada di usus adalah Lactobacillus acidophilus, yang ditemukan dalam yogurt. Selain yogurt, bakteri baik juga ditemukan dalam makanan fermentasi lainnya, seperti produk kedelai yang difermentasi (tempe), makanan acar dari mentimun atau kubis yang difermentasi (sauerkraut atau kimchi), serta suplemen makanan probiotik.

Selain itu, ia mengingatkan bahwa olahraga dengan teratur dapat mendukung kesehatan pencernaan dalam beberapa cara. Saat otot berkontraksi dengan menarik nafas yang dalam selama aktivitas, kontraksi alami otot usus akan dirangsang, yang membantu untuk memindahkan makanan melalui sistem tubuh. 

“Olahraga juga terkenal untuk meredam stres, sehingga dapat membantu mengurangi gangguan pencernaan yang terjadi sebagai respons terhadap emosi yang negatif. Hubungan antara usus dan otak ini menunjukkan bahwa menjaga sistem pencernaan dalam kondisi prima sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran,” urainya.

Sejatinya, langkah-langkah menjaga pola makan dan gaya hidup yang diambil agar tubuh tetap sehat, sama halnya menjaga kesehatan sistem pencernaan. Menjaga pola makan yang mengandung banyak serat dari buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian, hidrasi yang cukup, dan olahraga teratur adalah semua faktor kunci. 

“Jangan lupa untuk minum banyak cairan, dan menambahkan sumber probiotik dalam makanan sehari-hari. Jika Anda merasa tidak dapat memenuhi kebutuhan serat atau probiotik, cukup dengan menambahkan suplemen untuk menjaga pola makan Anda,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)