MIX.co.id – PT MSIG Life Insurance Indonesia Tbk (MSIG Life) mengumumkan jumlah pembayaran total klaim dan manfaat asuransi sepanjang 2023 hingga akhir kuartal ketiga sebesar Rp 2 triliun.
Wianto Chen, CEO & Presiden Direktur MSIG Life, menjelaskan MSIG Life - sebelumnya bernama Sinarmas MISG Life - senantiasa mewujudkan perlindungan serta dukungan untuk menjaga ketahanan finansial nasabah.
Salah satunya, melalui pembayaran total klaim dan manfaat asuransi sebesar Rp 2 triliun sepanjang 2023 hingga akhir kuartal ketiga.
“Kondisi finansial perusahaan juga sehat dan kuat untuk terus mewujudkan komitmen perlindungan finansial jangka panjang bagi nasabah, tercermin dari tingkat RBC yang mencapai hingga 2.204% atau melampaui persyaratan minimal dari regulator,” ujarnya dalam keterangan pers, Senin (20/11), di Jakarta.
Jika dibandingkan dengan tahun lalu di periode yang sama, klaim kesehatan di perusahaan meningkat hingga 49%. Di sisi lain, klaim dari maturity, surrender dan withdrawal perusahaan mengalami penurunan sebesar 13,6%.
“Kondisi ini menunjukkan bahwa tingkat literasi asuransi masyarakat Indonesia termasuk nasabah kami terus meningkat,” tegasnya.
“Tidak hanya memahami pentingnya manfaat asuransi kesehatan sebagai perlindungan dasar, namun juga memahami asuransi jiwa sebagai instrumen penting dalam menjaga stabilitas finansial jangka panjang,” lanjut Wianto.
Pembayaran manfaat terbesar diberikan kepada nasabah individu atas beberapa penyakit, seperti injury, penyakit jantung, penyakit tulang dan sendi, penyakit pencernaan, diare, kanker, katarak, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) hingga demam typhoid.
Sementara pada nasabah kumpulan, pembayaran manfaat terbesar diberikan atas penyakit diare, ISPA, demam typhoid, bronchopneumonia hingga faringitis akut.
Lukman Auliadi, Head of Customer and Marketing MSIG Life, mengingatkan nasabah agarlebih waspada terhadap risiko Kesehatan. “Salah satunya dengan menjalankan gaya hidup sehat, yaitu berolahraga secara rutin. Bangun komunitas yang mendukung kita untuk memiliki gaya hidup sehat,” paparnya.
MSIG saat ini melayani lebih dari 1,3 juta nasabah individu maupun kumpulan. Belum lama ini perusahaan meluncurkan aplikasi MyFit+ sebagai inisiatif mendampingi masyarakat untuk memiliki gaya hidup yang lebih sehat.
Melalui aplikasi MyFit+, pengguna dapat memantau aktivitas harian dan kondisi usia biologis, serta tersedia pula tantangan aktivitas yang bervariasi dengan reward yang menarik.
Sementara untuk layanan digital nasabah, disuguhkan aplikasi VEGA by MSIG Life untuk mempermudah akses polis kapan pun dan di mana pun, sekaligus menjadi media berinteraksi dengan nasabah. ()