MIX.co.id - Data yang dirlis Kementerian Kesehatan mengungkapkan, hingga Juni 2022, total pengidap HIV yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia mencapai 519.158 orang. Ini membuktikan rendahnya pengetahuan masyarakat Indonesia tentang pentingnya penggunaan alat kontrasepsi.
Bahkan, baru-baru ini beredar berita tentang ratusan mahasiswa dengan identitas KTP Bandung terinfeksi HIV AIDS. Sebanyak 6,97 persen atau sekitar 414 mahasiswa Bandung dinyatakan positif HIV. Bahkan, berdasarkan data 2021 dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bandung, tercatat total 12.358 warga terinfeksi HIV, 5.934 di antaranya adalah penduduk kota Bandung yang memiliki umur 20-29 tahun.
Berangkat dari fakta itu, sexual health brand, VIVO, berinisiatif menggelar program edukasi melalui format Art Exhibition. Eksibisi seni bertajuk “Hotel for Play #SensationalExperience” hadir di Lotte Shopping Avenue, bertepatan dengan Hari Kontrasepsi Sedunia yang jatuh pada 26 September 2022.
Art Exhibition VIVO tersebut dapat dinikmati pengunjung umum secara gratis sepanjang 1-31 Oktober 2022. Tidak hanya exhibition, pengunjung juga dapat menikmati berbagai kegiatan menarik lainnya, seperti talkshow dengan menghadirkan pakar seksologi ternama untuk membahas lebih dalam mengenai sex education dan pentingnya gaya hidup sehat, Booth Tarot, Nail Art, dan sebagainya.
Program edukasi berkonsep instalasi seni tersebut bertujuan untuk memberikan sex education dalam bentuk fun dan entertaining. Upaya ini juga untuk mendukung pemerintah Indonesia terkait 3 Zero, yakni zero penularan HIV, zero yang meninggal karena AIDS, dan zero stigma negatif terhadap ODHA (Orang dengan HIV/AIDS).
“Kami bangga dapat mengadakan art exhibition pertama kami untuk dapat mengedukasi masyarakat Indonesia tentang gaya hidup sehat, yang tentunya dikemas dalam kegiatan yang fun dan entertaining. Tidak hanya itu, kami juga ingin memperkenalkan produk-produk VIVO yang sangat beragam dan tentunya dapat memberikan kenikmatan lebih ketika berhubungan intim,” papar Yoevan Wiraatmaja, Presiden Director PT Danpac Pharma.
Ditambahkan Christian Eka, Sales and Marketing Director PT Danpac Pharma, saat ini, banyak masyarakat Indonesia yang belum sadar mengenai pentingnya penggunaan kondom, yang tidak hanya sebagai alat kontrasepsi, tetapi juga dapat membantu mencegah HIV/AIDS dan berbagai penyakit infeksi seksual menular lainnya. “Oleh karena itu, melalui instalasi seni ini, kami mengedukasi sekaligus mengajak masyarakat Indonesia untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat dengan VIVO. Instalasi seni ini kami hadirkan tanpa unsur pornografi,” ucapnya.
Konsep instalasi seni ini dikemas layaknya sebuah hotel, di mana pengunjung dapat check in di ruang lobby hotel, untuk kemudian mendapatkan room access/key card. Berbekal room access/key card yang diberikan kepada pengunjung ketika memasuki lobby, pengunjung dapat memasuki masing-masing kamar yang akan memberikan experience yang berbeda-beda.
Di setiap kamar, akan ada tujuh experience yang berbeda dari setiap indra. Tujuh experience tersebut menggambarkan fase intimasi atau aktivitas seksual. Mulai dari foreplay, orgasme, hingga post orgasme. Setelah eksporasi, pengunjung diajak memasuki ruang display yang memamerkan aneka produk VIVO, termasuk vending mechine VIVO, yang sudah hadir di berbagai hotel di Indonesia.
“Kami menggandeng HALUU yang telah dikenal sebagai promotor pameran seni kenamaan untuk art exhibition ini. Kami mengambil tema Hotel For Play yang berasal dari salah satu kegiatan intim yang biasa dilakukan yaitu foreplay. Tema ini juga untuk mendukung kampaye yang kami angkat, yaitu SenseSational yang menekankan sensasi yang dirasakan oleh semua panca indera di kala berhubungan intim,” pungkas Christian.