MIX.co.id - Untuk pertama kalinya, CIMB menggelar "CIMB 100 Years & More: Kita Bagi Jadi Concert", pada pertengahan November ini (24/11), di Plenary Hall, Kuala Lumpur Convention Center (KLCC), Malaysia. Perayaan 100 tahun itu berkonsep musikal, dengan penceritaan visual yang dibawakan oleh 100 artis selama 100 menit.
Para penyanyi yang tampil pada konser tersebut antara lain Datuk Zainal Abidin, Aina Abdul, Azlan Typewiter, Dayang Nurfaizah, Hael Husaini, Jaclyn Victor, Scha Nuril (winner of CIMB Rising Start ASEAN), dan Cakra Khan.
Dijelaskan Toni Darusman, Group Chief Brand & Marketing Officer CIMB, "Pada HUT ke-100 ini, kami ingin membuat movement atau gerakan sosial make it happen, dimana CIMB bisa melakukan sesuatu untuk community, people, dan kustomer. Movement tersebut kami kemas dalam experiential campaign yang mampu menyentuh emosi masyarakat dan diharapkan dapat menyebarkan energi positif dan merayakan semangat untuk bertahan yang dimiliki oleh masyarakat Malaysia."
Salah satu pengalaman yang dihadirkan adalah Konser Kita Bagi Jadi, yang artinya yuk kita jadiin atau make it happen, yang nafasnya sama dengan program "Kejar Mimpi" dari Indonesia. Dengan semangat positif itu, CIMB ingin memperkuat perannya yang bukan sekadar bank, tetapi brand yang juga ikut berkontribusi dalam memajukan orang-orang yang "tertinggal" atau "kurang terlayani".
Sebagai langkah awal, lanjut Toni, CIMB fokus pada tiga segmen, musik, olahraga, dan seni. Di olahraga, CIMB mendukung cabang olahraga yang tidak begitu populer sehingga kurang mendapat dukungan, seperti balap sepeda dan squash.
Di seni, CIMB mendukung seniman rumahan yang kerapkali mengalami kendala untuk memamerkan hasil lukisan mereka. Dukungan yang diberikan CIMB adalah dengan memberikan wadah berupa galeri yang bisa memamerkan lukisan mereka.
Selanjutnya, di musik, CIMB menyediakan platform bagi penyanyi-penyanyi berbakat melalui kompetisi bernyanyi CIMB Rising Start ASEAN. Di Malaysia, CIMB juga mendukung Malaysian Philharmonic Youth Orchestra, di mana mereka berkesempatan mendapatkan coaching clinic hingga tampil di CIMB Artober Art & Soul dan CIMB 100 Years & More: Kita Bagi Jadi Concert.
Tak kurang dari 2.000 orang menghadiri Kita Bagi Jadi Concert di KLCC, Malaysia. Mereka berasal dari stag atau karyawan CIMB, alumni CIMB, klien atau kustomer, hingga masyarakat umum yang memenangkan kompetisi di media sosial. "Kontes yang kami gelar saat itu adalah kontes video yang mengajak mereka menceritaka tentang pengalaman make it happen mereka. Dari 500-an orang yang ikut, 200 kami pilih untuk bisa menonton konser," papar Toni.
Selama satu abad (100 tahun) kehadirannya, CIMB telah memberikan dukungannya kepada para pemangku kepentingan melalui berbagai inisiatif. Di antaranya, lebih dari RM27 miliar (Rp 95,8 triliun) dalam bentuk pinjaman kepada kelompok berpenghasilan rendah dan RM23 miliar (Rp 81,6 triliun) kepada usaha kecil dan mikro (UMKM) dalam lima tahun terakhir.
CIMB juga telah menyalurkan RM150 juta (Rp 532,5 juta) untuk mendukung berbagai inisiatif di bidang olahraga, pendidikan, seni, dan lingkungan, sebagai bagian dari upaya Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) CIMB. Selain itu, CIMB juga telah menyalurkan RM7 juta (Rp 24,8 juta) dalam tiga tahun terakhir untuk mendukung upaya pelestarian hutan, sungai, serta lahan basah.