MIX.co.id - Antusiasme masyarakat terhadap kehadiran brand lokal di Indonesia terus meningkat. Data Ipsos Global Trends 2023 mengungkapkan 51% masyarakat Indonesia meyakini kualitas brand lokal mampu bersaing dengan brand global. Artinya, saat ini brand lokal memiliki peran yang kian signifikan dan mampu berkontribusi lebih dalam pembangunan perekonomian nasional.
Untuk itu, Hypefast, perusahaan ritel berbasis teknologi yang menaungi sejumlah brand lokal, berkolaborasi dengan Lazada Indonesia dan Cosmax untuk mendorong pertumbuhan brand lokal di Indonesia. Hypefest sendiri memiliki brand lokal seperti Luxcrime, Bohopanna, Cessa, dan sebagainya.
Dikatakan CEO dan Founder Hypefast Achmad Alkatiri, pada konferensi pers yang digelar hari ini (29/11), di Jakarta, “Kepercayaan masyarakat yang terus meningkat terhadap brand lokal saat ini unprecedented, dan diprediksi akan terus meningkat, seiring penetrasinya yang meluas dan menjangkau hingga ke pelosok negeri. Momentum ini adalah kesempatan emas untuk mendorong dominasi brand dan produk lokal. Sebagai perusahaan yang menaungi sejumlah brand lokal, kami sadar usaha ini hanya bisa terwujud melalui kolaborasi dengan berbagai pemain ekosistem retail terbaik di Tanah Air seperti Lazada dan Cosmax.”
Pada kesempatan yang sama, CEO Lazada James Chang menambahkan, “Kami menyambut baik inisiatif dari Hypefast untuk bisa bergerak bersama memajukan brand lokal Indonesia. Kemitraan ini sejalan dengan komitmen Lazada untuk membantu brand lokal meraih kesuksesan di pasar yang terus berkembang pesat di Indonesia. Di Lazada sendiri, sudah ada lebih dari 500 brand lokal ternama Indonesia yang bergabung. Kami percaya, komitmen kerja sama ini dapat menjadi penguat ekosistem bisnis lokal untuk dapat terus bertumbuh, terutama dengan berbagai fasilitas dan fitur yang Lazada sediakan untuk brand-brand lokal yang bergabung ke Lazada.”
Bentuk kolaborasi dituangkan dalam Joint Business Plan (JBP) antara Lazada Indonesia dengan berbagai brand lokal yang dinaungi oleh Hypefast, termasuk di antaranya exclusive launch products, joint event, marketing barter, trainings and development,hingga berbagai inovasi lainnya untuk mendukung pertumbuhan brand lokal.
Sementara itu, berangkat dari data internal Hypefast yang dihimpun dari lebih dari 3.000 brand lokal Indonesia, salah satu tantangan terbesar dalam bisnis brand lokal adalah supply chain, product development, dan proses produksi yang membutuhkan profesionalisme dengan standar kualitas tinggi–khususnya untuk kategori health and beauty. Untuk itu, dalam kesempatan ini Hypefast juga memperkuat kerja sama dengan Cosmax sebagai perusahaan produsen health and beauty terdepan di Indonesia yang memiliki fasilitas produksi berstandar Internasional.
Dijelaskan President Director Cosmax Indonesia Cheong Min-Kyoung, “Cosmax Indonesia berkomitmen untuk menghadirkan produk-produk health and beauty berkualitas dan relevan dengan kebutuhan pasar Indonesia. Keterlibatan mitra lokal memegang peranan penting dalam mewujudkannya. Bentuk kerja sama konkrit yang dibangun antara Hypefast dan Cosmax adalah berupa transfer teknologi melalui penelitian dan pengembangan produk untuk brand yang berada di bawah naungan Hypefast.”
Selanjutnya, sebagai bagian dari tanggung jawab sosial dan kontribusi Hypefast dalam kemajuan industri brand lokal, lanjut Achmad Alkatiri, pada Januari 2024 mendatang, Hypefast akan menggelar Indonesia Brand Forum Summit (IBFS) 2024. Melalui IBFS 2024, Hypefast memfasilitasi pertemuan antara para pelaku dan pendukung bisnis lokal di Indonesia, mulai dari brand founders, marketplaces, perusahaan manufaktur, distributor, hingga reseller. Mereka dapat bertukar insights, semangat, dan inspirasi agar bersama-sama membangun brand lokal yang berdaya lenting tinggi.
“Penyelenggaraan Indonesia Brand Forum Summit 2024 menjadi manifestasi dari komitmen kami untuk terus mendukung kemajuan brand lokal di Indonesia. Kami berharap, melalui kemitraan lokal dan ekosistem brand lokal yang kuat, bersama-sama kita dapat berkontribusi lebih bagi kemajuan ekonomi Indonesia,” tutupnya.