MIX.co.id – IBM Indonesia menunjuk PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) sebagai distributor resmi untuk menghadirkan solusi IBM termasuk yang berupa Artificial Intelligence/AI generatif untuk sektor pasar komersial di Indonesia.
Presiden Direktur IBM Indonesia Roy Kosasih mengutarakan, Indonesia adalah pasar yang berkembang pesat dan mengalami digitalisasi dengan cepat.
Market untuk layanan Teknologi Informasi (TI) di Indonesia diperkirakan akan tumbuh sampai dengan USD 9 miliar pada tahun 2028. International Data Corporation (IDC) memprediksi area utama investasi TI adalah modernisasi, infrastruktur, optimalisasi aplikasi, dan produktivitas perusahaan.
Era AI yang tengah happening menuntut perusahaan mengadopsi teknologi AI dan otomatisasi demi mempertahankan kelangsungan bisnisnya. Hasil studi CEO IBM 2023 menyebutkan, 75% CEO yang disurvei secara global percaya bahwa organisasi yang mengadopsi AI generatif akan memiliki keunggulan kompetitif.
Kondisil tersebut, menurut Roy, telah membuka peluang untuk menjalin kemitraan baru, yang menekankan peran penting mitra layanan TI dan distributor dalam transformasi perusahaan menjadi ekosistem digital.
Para mitra bisnis dan distributor TI lokal berperan penting untuk memperluas jangkauan pemasaran sekaligus mendorong pertumbuhan di berbagai industri.
“Karena itulah, IBM menunjuk SMI sebagai distributor resmi untuk menghadirkan berbagai solusi AI dan infrastruktur IBM, mulai dari foundation model, otomatisasi, hingga cybersecurity dan sustainability yang didukung AI untuk segmen komersial di Indonesia,” papar Roy kepada awak media, Selasa (21/11), di Jakarta.
SMI, yang merupakan anak perusahaan Metrodata Group, adalah distributor produk dan solusi ICT di Indonesia. SMI didukung dengan jaringan distribusi yang tersebar di 20 wilayah strategis di Indonesia yang mencakup lebih dari 150 kota, dan 5.200 lebih mitra saluran.
“Kerja sama strategis dengan IBM Indonesia ini menjadi milestones dan babak baru bagi SMI dan kami mendukung sepenuhnya,” timpal Lie Heng, Direktur SMI.
SMI dengan segudang pengalaman dan keahlian diharapkan mampu memperluas ekosistem IBM dan manfaat dari penyampaian solusi teknologi AI IBM bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia.
“SMI sebagai distributor resmi diharapkan dapat membantu IBM untuk mempercepat inovasi dengan menghadirkan beragam keterampilan, keahlian, mempercepat upaya inovasi dan mengembangkan solusi baru dengan lebih cepat dan efisien demi kepentingan pelanggan dan mempercepat pertumbuhan berkelanjutan Ekonomi Digital Indonesia,” papar Roy.
Tahun ini IBM memperkenalkan Watsonx, yakni solusi terbaru...