News Trend

ICON 2022: Kesesuaian Consumer Behavior dan Spending Power Jadi Pertimbangan KOKUMI dalam Memilih Mitra Kolaborasi

MIX.co.id – Kolaborasi menjadi salah strategi kunci dalam memperluas market, meningkatkan penjualan, hingga membangun brand image atau brand awareness. Strategi ini pula yang dipilih KOKUMI, brand minuman boba lokal, Kokumi.


Dalam acara ICON 2022 yang digelar di Ritz Carlton, Jakarta pada 6-7 Oktober 2022, Founder dan CEO KOKUMI Jacqueline Karina menegaskan bahwa ada sejumlah pertimbangan yang ia lakukan dalam menjalin kolaborasi dengan brand partner maupun influencer.

“Dalam menjalin kolaborasi, pertimbangan pemilihan brand dan influencer tergantung pada goal yang kami tetapkan setiap tahunnya. Pada tahun pertama misalnya, kami menetapkan awareness sebagai goal-nya. Setelah itu, kami mengejar sales. Berikutnya, kami menetapkan goal baru, yakni memperkenalkan Intellectual Property. Dari goal yang sudah ditetapkan tadi, barulah kami meyesuaikan dengan partner kolaborasi yang kami pilih,” paparnya.

Yang paling penting, menurut Jacqueline, ada dua kriteria utama yang KOKUMI pertimbangkan dalam menentukan brand atau influencer sebagai partner. Pertama, kesesuaian CONSUMER BEHAVIOR. Contohnya, untuk demografis, maka brand partner harus memiliki kemiripan dengan demografis dari KOKUMI. Artinya, partner kolaborasi tidak harus dalam kategori yang sama.

Kedua, memiliki kesamaan SPENDING POWER. “KOKUMI pernah berkolaborasi dengan seorang personality (influencer) yang memiliki follower nasional, hingga puluhan juta, tapi sayangnya follower tersebut tidak mampu membeli KOKUMI. Artinya, awareness dapat, tapi sales tidak dapat. Namun, kami pernah bekerja sama dengan influencer yang niece banget, tapi dia punya cult follower, di mana KOKUMI juga punya cult follower seperti ada yang men-tatto permanen dengan logo KOKUMI. Kesesuaiannya adalah sama-sama menyukai brand yang punya soul, niece, mercy, dan bukan save product,” paparnya.

Deretan brand yang telah diajak KOKUMI berkolaborasi antara lain dengan merek kosmetik lokal, Jarte Beauty, menghadirkan produk lipstik dengan aroma boba, yang sama persis dengan aroma minuman Kokumi, yaitu Okinawa dan Unicorn. Selanjutnya, bersama Teh Sosro, KOKUMI menghadirkan menu khusus bernama Sunrise Tehbotol Sosro dan Okinawa Tehbotol Sosro.

Dwi Wulandari

Recent Posts

Teknologi Jadi Pemicu Pertumbuhan Usaha Kecil di Indonesia

MIX.co.id - Survei Usaha Kecil Asia-Pasifik yang dirilis CPA Australia terhadap 4.222 pemilik atau manajer…

18 mins ago

Kosmepack dari J99 Corp. Tawarkan Solusi Packaging untuk Pelaku Industri Berskala Kecil hingga Besar

MIX.co.id - J99 Corp. memahami bahwa saat ini, persaingan usaha yang semakin ketat menjadi salah…

22 mins ago

Ninja Xpress Dorong UKM Optimalkan Strategi Affiliate Marketing

MIX.co.id – Affiliate marketing merupakan strategi pemasaran yang semakin banyak digunakan oleh para pelaku bisnis,…

12 hours ago

Ramai-Ramai KOL Me-Review Menu Kolaborasi Kanzler x Cupbop & Chatime

MIX.co.id - Platform media sosial (medsos) TikTok dan Instagram, kini tengah diramaikan oleh konten kolaborasi…

14 hours ago

Jepang Hadirkan Japan Pavilion di “The 10th World Water Forum 2024”

MIX.co.id - Tahun ini, Indonesia terpilih sebagai tuan rumah “World Water Forum ke-10”. Forum air…

14 hours ago

Indosat dan Twimbit Luncurkan “Empowering Indonesia Report 2024” dan “Youth-Tech Challenge Competition”

MIX.co.id - Indosat Ooredoo Hutchison bersama Twimbit merilis laporan bertajuk “Empowering Indonesia Report 2024”, pada…

15 hours ago