IFG Life Edukasi Pentingnya Asuransi Melalui Film Pendek "BIAS"

MIX.co.id - IFG Life berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya proteksi atau perlindungan dalam menjalani kehidupan dengan cara yang approachable. Salah satu upaya yang dilakukan IFG Life untuk meningkatkan kesadaran tersebut adalah melalui karya seni. Untuk itu, berkolaborasi dengan sineas kenamaan Hanung Bramantyo, IFG Life merilis sebuah serial film pendek berjudul “BIAS”, yang ditayangkan melalui platform YouTube.

“Sebagai upaya meningkatkan kesadaran serta pemahaman masyarakat tentang pentingnya asuransi untuk melindungi diri dan keluarga, IFG Life telah melakukan berbagai program kreatif, salah satunya dengan membuat serial YouTube berjudul BIAS,” papar Chelma Destria, Head of Corporate Communication IFG Life.

Kerja sama antara IFG Life dan Hanung Bramantyo tersebut merupakan bagian dari komitmen IFG Life sebagai perusahaan asuransi jiwa yang memberikan perlindungan di setiap tahapan kemajuan kehidupan para nasabah dan masyarakat. Hal itu sesuai dengan tagline IFG Life, yaitu “Protecting Life’s Progress”.

Film pendek “BIAS” yang dikemas secara berseri dan telah tembus lebih dari 1 juta views itu bercerita tentang bagaimana setiap tokoh utama memainkan peranannya dalam melindungi  keluarga. Serial pendek BIAS bercerita tentang Anton, seorang ayah dan pegawai perusahaan,   yang baru saja terkena PHK dari perusahaanya akibat pandemi Covid-19. Anton yang merasa bertanggung jawab melindungi keluarganya, secara diam-diam bekerja sebagai badut penghibur di jalanan untuk bisa menafkahi keluarganya. Konflik muncul ketika istrinya, Tika, mulai curiga terhadap gerak-gerik Anton. Namun, di sisi lain Tika juga kedapatan sering bertemu dengan Bagas yang merupakan mantan pacarnya ketika muda.

BIAS, melalui berbagai simbol dan adegan, ingin menyampaikan tentang pentingnya proteksi dalam keluarga. Seperti Anton yang rela melakukan pekerjaan demi keluarga, dan Tika yang ternyata juga ikut program asuransi untuk melindungi keluarganya. Melalui Tika, IFG Life turut menyoroti peran wanita dalam dalam memberikan perlindungan bagi keluarganya.

“BIAS merupakan karya film pendek saya bersama dengan IFG Life untuk ikut membantu menyebarkan dan menyadarkan kepada masyarakat tentang pentingnya proteksi dalam keluarga. Dalam film BIAS, saya ingin menunjukkan bahwa melindungi keluarga tidak hanya menjadi tanggung jawab suami, tetapi istri pun bisa ikut mengambil peran penting,” papar Hanung Bramantyo, Produser serial YouTube BIAS.

Baru-baru ini, IFG Life juga menggaungkan kampanye #PerempuanMelindungi sebagai gerakan edukasi dan ajakan bagi para perempuan untuk mengambil peran aktif dalam perlindungan diri dan keluarga. Hal ini sejalan dengan temuan OJK bahwa perempuan memegang peran penting dalam keuangan dan tujuan finansial keluarga. 

IFG Life juga telah melakukan survei kepada 352 responden untuk mengetahui sejauh mana  kontribusi perempuan dalam perlindungan keluarga. Hasilnya, mayoritas responden setuju bahwa istri atau ibu merupakan yang paling sering mengatur keuangan rumah tangga.

Meski rata-rata responden (68%) mengaku bahwa inisiatif untuk memiliki asuransi datang dari diri mereka sendiri, mereka mengakui bahwa istri atau ibu lebih memiliki pengaruh dalam keputusan membeli asuransi, yaitu sebanyak 19,7% dibandingkan peran ayah atau suami yang sebesar 17,6%. Di samping itu, 79,7% responden juga mengakui bahwa peran ibu atau istri dalam pengambilan keputusan di keluarga secara umum sangatlah penting.

“Hasil survei kami menegaskan bahwa perempuan memiliki andil yang cukup besar dalam perlindungan keluarga. Untuk itu, kami menyerukan kampanye #PerempuanMelindungi untuk menginspirasi para perempuan-perempuan tangguh Indonesia untuk lebih percaya diri dan mulai mengambil peran aktif dalam pengambilan keputusan penting untuk melindungi keluarga mereka, seperti yang ditunjukkan Tika dalam film BIAS ini,” pungkas Chelma.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)