Incar Generasi Digital ASEAN, UOB Hadirkan TMRW

PT Bank UOB Indonesia resmi meluncurkan bank digital UOB, TMRW, secara virtual pada hari ini (3/7) di Jakarta. Sebelumnya, pertama kali, TMRW diluncurkan di Thailand pada 2019. TMRW diklaim menjadi bank digital pertama dan satu-satunya yang dirancang untuk generasi digital ASEAN.

Diungkapkan Kevin Lam, Direktur Utama UOB Indonesia, Indonesia memiliki banyak populasi konsumen muda, aktif, dan cakap secara digital. Ada 96% orang Indonesia memiliki ponsel dan jumlah konsumen yang terhubung dengan internet terus meningkat dari tahun ke tahun. Generasi Indonesia yang kerap menggagas perubahan ini memiliki karakteristik aktif dan menginginkan layanan digital yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun untuk membantu mencapai aspirasi mereka.

Berangkat dari fakta itu, lanjut Kevin, “Kami menghadirkan TMRW untuk melayani generasi Indonesia yang giat dan cakap menggunakan teknologi digital. Melalui TMRW, kami berharap dapat membantu memenuhi tujuan keuangan dan mendukung mereka membangun hari esok yang lebih baik."

TMRW membuat perbankan lebih mudah, transparan, dan menarik, karena kemampuannya menerjemahkan data transaksi menjadi wawasan informasi yang dapat ditindaklanjuti. Antara lain, memberikan tips yang menyenangkan untuk membantu nasabah dalam menabung dan berbelanja dengan lebih baik.

“Fitur berupa wawasan yang unik ini dihasilkan dari menggabungkan antara kecerdasan buatan (AI) serta analisa dan kategorisasi data yang kompleks. Tentu aja, sesuai dengan harapan dari 92% konsumen yang menginginkan solusi perbankan yang dapat membantu mereka membuat keputusan keuangan yang lebih bijak,” paparnya.

Sementara itu, kombinasi unik dari inovasi dan fokus pada nasabah memungkinkan TMRW untuk menghadirkan pengalaman nasabah secara personal serta dapat mengantisipasi kebutuhan individu, berdialog, dan melayani kebutuhan mereka dengan cara yang mereka inginkan. “Bahasa yang digunakan TMRW juga bebas dari jargon perbankan dan mudah dimengerti,” tandas Kevin.

Dia mencontohkan, proses pembukaan akun TMRW untuk konsumen Indonesia dirancang untuk mudah dipahami, lancar, cepat, dan aman. Verifikasi identitas dilakukan melalui panggilan video dengan agen secara langsung dan pembukaan rekening dapat tuntas hanya dalam sembilan menit. Pertanyaan nasabah akan ditangani oleh chatbot 24 jam TMRW, yakni TIA (TMRW Intelligence Assistant) dengan menggunakan Bahasa Indonesia.

“Berdasarkan sebuah studi etnografi UOB, konsumen milenial juga mengatakan bahwa meskipun mereka menghargai arahan mengenai pengelolaan keuangan yang lebih baik, namun mereka lebih menginginkan untuk memperolehnya melalui cara yang menyenangkan dan justru tidak membuat mereka merasa bersalah,” ia menjelaskan.

Oleh karena itu, TMRW secara khusus dirancang untuk membantu nasabah mencapai tujuan keuangan mereka dengan langkah-langkah yang menyenangkan dan dapat dicapai. “Bank digital ini juga memiliki fitur permainan yang disebut City of TMRW, dimana nasabah dapat membangun kota virtual saat mereka menabung. Saat nasabah naik level, mereka dapat meningkatkan tampilan kota virtual mereka,” imbuhnya.

TMRW memiliki pilihan metode pembayaran berbasis Quick Response Code (QR) yang memungkinkan pembayaran dilakukan secara cepat hanya dengan memindai kode QR dan disediakan oleh penjual maupun gerai yang sudah terdaftar. “Fitur ini merupakan bagian dari dukungan UOB terhadap Gerakan Nasional Non Tunai yang menggunakan platform Quick Response Code Standar Indonesia (QRIS),” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)