Pasar produk perawatan dan kecantikan di Indonesia terhitung menggiurkan. Tahun 2017 lalu misalnya, nilai bisnis produk skin care di Tanah Air menyentuh Rp 21 triliun, sedangkan produk kosmetik mencapai Rp 6 triliun.
Pertumbuhan rata-rata per tahunnya pun tercatat sangat tinggi. Jika lima tahun terakhir pasar skin care mengalami pertumbuhan rata-rata per tahun 16%, maka ke depan hingga 2021, pertumbuhannya diperkirakan masih double digit, yakni 14%. Sementara itu, untuk pasar kosmetik, pertumbuhan rata-rata per tahunnya pada lima tahun terakhir mencapai 10%. Ke depan, hingga 2021, pertumbuhan pasar kosmetik diprediksi masih di angka 10%.
Berangkat dari insight tersebut, pada hari ini (24/3), Amway Indonesia meluncurkan rangkaian produk perawatan kulit dengan merek Essentials by Artistry. Dikatakan Head of Marketing Amway Indonesia Dharmaparayana Sthirabudhi, produk baru tersebut menyasar pasar anak muda di bawah usia 25 tahun.
Diungkapkan Dharma, dipilihnya segmen market tersebut tak lepas dari tingginya potensi market di sana. "Dari 263 juta penduduk Indonesia, 60%-nya adalah anak muda di bawah usia 35 tahun. Dan, dari angka itu, 50%-nya tinggal di daerah urban dan perkotaan," jelasnya.
Adapun profil anak muda urban yang disasar Essentials by Artistry, ditambahkan Dharma, adalah mereka yang ingin selalu tampil trendi, memiliki mobilitas tinggi, selalu update dengan informasi, dan memiliki konektivitas yang sangat tinggi di dunia nyata dan maya.
Terkait kandungan atau formula, menurut R&D Research Scientist II Amway Asia Beauty Innovation Center Jenny Lee, Essential by Artistry menawarkan bahan alami serta formulasi ringan dan lembut yang sudah melalui Allegry Tested dan Dermatologist Tested.
"Dengan formula khususnya yang mengontrol dan bebas minyak, Essentials by Artistry akan memberikan tampilan kulit yang selalu segar, dengan hasil nyata. Penggunaannya juga simple dan mudah untuk perawatan keseharian plus harga yang terjangkau," tutur Jenny.
Rangkaian basic skin care Essential by Artistry, lanjut Jenny, terdiri dari lima produk. Yakni, makeup removing, wipes, gel cleanser, acne care pore refreshing toner, acne care gel, dan light lotion.
Diakui Dharma, sebagai pendatang baru, Amway memang perlu melakukan kampanye komunikasi untuk Essentials by Artistry. "Tantangan lainnya, Artistry selama ini dikenal sebagai produk perawatan kulit premium dari Amway. Nah, kami perlu mengedukasi serta mengkomunikasikan bahwa ada Essentials by Artistry dengan harga yang terjangkau (entry premium), yakni mulai dari Rp 90 ribu hingga Rp 200 ribuan," ucapnya.
Langkah komunikasi dan pemasaran yang telah dan akan dilakukan adalah dengan melakuakan pendekatan Public Relations (PR) lewat media dan beauty blogger serta memanfaatkan 300 ribu mitra distributor Amway yang tersebar di seluruh Indonesia. "Para mitra Amway ini dapat menjadi duta Essentials by Artistry," pungkasnya.
Dengan langkah tersebut, Dharma meyakini Essentials by Artistry akan direspon positif oleh pasar Indonesia. "Jika selama ini produk Artistry sanggup menyumbang 15% terhadap total revenue Amway, maka Essentials by Artistry diharapkan dapat menyumbang 3% terhadap penjualan Artistry," ia mematok.