MIX.co.id - Wisatawan Indonesia masih menjadi pasar potensial bagi berbagai negara di dunia. Jepang misalnya, menjadi salah satu destinasi yang diminati wisatawan di Tanah Air. Terbukti, jika tahun 2019 jumlah wisatawan Indonesia yang ke Jepang mencapai 410 ribu, maka pada tahun 2023, jumlahnya melonjak menjadi 430 ribu wisatawan. Dari angka kunjungan itu, 45%-nya menyambangi Osaka.
Dijelaskan Hankyu Hanshin Properties Manager Kazunori Tanimura, pada konferensi pers yang digelar hari ini (8/8), di Jakarta, “Dengan jumlah penduduk yang mencapai ratusan juta dan tingginya usia produktif di Indonesia, maka Indonesia menjadi pasar yang sangat potensial. Selain itu, wisatawan Indonesia juga senang menghabiskan waktu di mall untuk berbelanja.”
Tak heran, jika nilai konsumsi wisatawan Indonesia yang ke Jepang mencapai lebih dari Rp 20 juta per orangnya. Bahkan, dengan kegemaran berbelanja wisatawan Indonesia, department store milik Hankyu Hanshin Group bisa mengantongi keuntungan 300% dari belanja wisatawan Indonesia.
Hal itulah yang mendorong Hankyu Hanshin Group mengincar wisatawan Indonesia dengan berbagai upaya promosi dan pemasaran. Pada Agustus ini misalnya, Hankyu Hanshin Group memutuskan mengikuti Travel Fair yang digelar di Pullman Hotel Central Park Mall, Jakarta. Berbagai promo pun ditawarkan di sana.
Lebih jauh ia menjelaskan, upaya mempromosikan beragam destinasi wisata di kawasan Osaka, Jepang, tak hanya melalui travel fair. Upaya promosi juga dilakukan melaui website, brosur, hingga media sosial. “Kami juga melakukan pendekatan ke komunitas travel agent yang ada di Indonesia serta menggandeng influencer di Indonesia untuk mempromosikan berbagai destinasi wisata di Osaka. Kami juga melakukan pendekatan melalui media-media di Indonesia,” urainya.
Di Jepang, Hankyu Hanshin Group mengelola banyak fasilitas komersial, termasuk enam pusat perbelanjaan dan beberapa hotel di area Umeda, yang merupakan salah satu pusat di wilayah Kansai. Di Indonesia, Hankyu Hanshin Group memiliki hak pengelolaan Gedung komersial dan perkantoran termasuk di antaranya adalah Central Park Mall dan Plaza Indonesia.
Oleh karena itu, pada kesempatan bertemu dengan media di Indonesia hari ini (8/8), Kazunori Tanimura beserta tim juga memaparkan empat destinasi wisata unggulan di Osaka yang bisa dikunjungi wisatawan Indonesia. Pertama, Sanban Gai yang merupakan pusat perbelanjaan dengan sekitar 250 toko. Mall ini terhubung langsung ke Stasiun Hankyu Osaka-Umeda dan berdekatan dengan Terminal Bus Hankyu Highway Osaka-Umeda.
Kedua, HEP FIVE bukan hanya sekadar tempat untuk berbelanja, melainkan juga tempat bagi keluarga untuk menikmati mesin penjual mainan kapsul terbesar di Jepang dan kincir ria yang berlokasi dekat dengan stasiun.
Ketiga, Grand Front Osaka, yang terdapat banyak produk buatan Jepang berkualitas baik seperti Porter yang menjual tas dan aksesori berbahan kulit. Pengunjung dapat menikmati hidangan berbahan dasar daging sapi wagyu pilihan di Hakuundai atau memesan menu favorit dari semua tenant untuk menikmati berbagai hidangan dalam satu meja di area duduk bersama lantai Umekita.
Keempat, Hankyu Umeda Main Store yang memiliki koleksi merek pakaian mewah terkenal di dunia hingga mode pakaian terbaru, juga bisa menjadi pilihan wisatawan Indonesia. Di sana, terdapat juga tempat penjualan kosmetik kecantikan terbesar di Jepang.
"Melihat potensi wisata Jepang yang datang dari Indonesia sangat besar, Hankyu akan terus mendukung pengembangan kota yang ramah bagi wisatawan, terutama di Osaka. Kami berharap, wisatawan asal Indonesia tidak hanya berbelanja, tetapi juga dapat mendalami budaya dan kesenian di Jepang,” tutupnya.