Indosat Resmikan Disaster Recovery Center

Guna memenuhi kebutuhan akan data center yang semakin meningkat, Indosat meresmikan data center terbarunya di Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, (18/2) yang diklaim sebagai penyedia layanan ICT paling lengkap di Indonesia. Berdiri diatas lahan seluas 6000 meter persegi, data center milik Indosat ini bernama Disaster Recovery Center (DRC).

indosatjatiluhur

Peresmian Disaster Recovery Center Indosat di Jatiluhur

PT Indosat Tbk sudah dikenal sebagai perusahaan telekomunikasi ternama di Indonesia, namun seiring perkembangan dunia ICT maka perusahaan ini pun melakukan ekspansi bisnis ke arah penyediaan data center untuk beragam perusahaan lintas industri. “Selain menyediakan layanan data center dan cloud, ke depannya kami juga akan menyodorkan layanan aplikasi. Jadi nantinya kami akan dikenal sebagai penyedia layanan IT terlengkap di Indonesia,” ucap Ginandjar, Direktur DataCom & IT Lintasarta, di Fasilitas DC/DRC Jatiluhur, Purwakarta, Rabu (18/2/2015).

Dikatakan Ginanjar, komposisi pelanggan seluruhnya adalah koporasi dari berbagai industri mulai dari perbankan, retail, dan lainnya. “Jumlah pelanggan sudah lebih dari 100 perusahaan. Namun kami melihat market terus berkembang karena melihat kebutuhan data center di terbantahkan sudah merupakan bagian dari kebutuhan. Sebagian besar yang menggunakan fasilitas DR/DRC adalah perusahaan di bidang finansial.”

Melihat demand yang tinggi tersebut, ungkap Febby Sallyanto, Group Head Major and Strategic Account Indosat, pihaknya tengah membangun DRC 3. “ Indosat menyiapkan DRC tier 3 baru akan selesai di bulan April mendatang. Saat itu (april-red) baru kami mulai menawarkannya ke pelanggan.”

Unique Selling Proposition (USP) DRC yang dimiliki Indosat diakui Ginanjar bisa dilihat dari fasilitas. Ia menjelaskan, fasilitas DR/DRC Indosat, dibangun dengan desain terbaik sesuai teknologi data "center" terkini, antara lain "power system" (sistem kelistrikan), "cooling system" (sistem pendingin), "fire protection system" (sistem proteksi kebakaran), "security system" (sistem pengamanan), dan "data center management" (manajemen data center).

Dari sisi infrastruktur, fasilitas DRC yang berada di wilayah Jawa Barat ini terdiri dari satu bangunan utama yang tentunya diisi data center, dan satu bangunan pendukng untuk infrastruktur mekanikal dan elektrikal. Menariknya, Indosat juga turut menyediakan working area bagi staf IT kiriman perusahaan yang ingin menangani infrastrukturnya bila terkena dampak bencana.

Selain itu, fasilitas data center Indosat yang juga berperan sebagai disaster recovery center (DRC) tersebut ditopang oleh dua sumber listrik yang dipasok oleh PLN dan PJT2, guna memenuhi standar 2N Power Configuration. Indosat menjamin ketersediaan daya data center ini mencapai 99,9% atau fault tolerance. Menurut Ginanjar, desain fasilitas DRC ketiga Indosat ini juga telah mengacu pada standar internasional untuk pembangunannya, dan akan segera disertifikasi oleh Uptime Institute yang merupakan badan sertifikasi data center internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)