MIX.co.id - Tahun ini, Telkomsel resmi merilis hasil riset digital tentang pemanfaatan pasar dagang online (eCommerce) paling dipercaya dan diandalkan oleh UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Indonesia.

Studi bertajuk "Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Indonesia 2022" itu dilakukan melalui layanan survei digital Telkomsel, tSurvey.id.
Hasilnya, Tokopedia (75%) menempati posisi tertinggi sebagai platform eCommerce yang paling dipercaya oleh para pengusaha UMKM lokal di Indonesia untuk aktivitas penjualan online mereka. Selanjutnya disusul, 75% UMKM percaya dengan Shopee, 19% percaya dengan Lazada, Bukalapak dipercaya oleh 18% UMKM, dan 14% UMKM percaya Blibli.
Temuan lain dari survey ini adalah terkait platform eCommerce yang dianggap memberikan pengalaman paling memuaskan bagi pebisnis UMKM untuk berjualan online. Hasilnya, Tokopedia dipilih oleh 69% UMKM, Shopee 62%, Lazada 11%, Bukalapak 9%, dan Blibli 4%.
Sedangkan untuk Platform pasar dagang online dengan pelayanan paling memuaskan bagi para pengusaha UMKM online adalah Tokopedia (68%), Shopee (61%), Lazada (11%), Bukalapak (11%), dan Blibli (6%). Sementara itu, di antara banyaknya platform pasar dagang online di Indonesia dengan model bisnis sebagai pusat lapak online (marketplace), yang paling sering UMKM gunakan untuk berjualan online adalah Tokopedia (47%), Shopee (45%), Lazada (5%), Bukalapak (2%), dan Blibli (0%).
Vice President Data Solutions Telkomsel Alfian Manullang menuturkan,...