Ini Deretan Pencapaian IndiHome Sepanjang 2022

MIX.co.id - Sepanjang 2022, IndiHome mencatat pencapaian positif di semua lini. Antara lain, pertumbuhan pelanggan baru IndiHome terus mengalami peningkatan hingga akhir tahun 2022. “Artinya, sepanjang tahun ini, tren konsumsi digital masyarakat tetap dalam tren meningkat,” ucap Vice President Marketing Management PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, E. Kurniawan.

Lebih jauh ia menjelaskan, secara spesifik, konsumsi data masyarakat melalui IndiHome telah menembus 60 petabyte (60 juta gigabyte), dengan jumlah perangkat yang terhubung dalam jaringan IndiHome mencapai lebih dari 180 juta perangkat. Jumlah yang terkoneksi pun cukup besar, mengingat jumlah pelanggan IndiHome hingga kuartal lll 2022 ada di kisaran 9 juta pelanggan.

“Besarnya pengguna ekosistem kami menandakan adanya kepercayaan besar terhadap layanan kami. Tentunya realisasi positif ini tidak didapat begitu saja. Diperlukan banyak upaya maksimal untuk bisa mendapat kepercayaan masyarakat. Sepanjang tahun 2022, tidak sedikit perbaikan layanan berkelanjutan yang dilakukan oleh IndiHome," paparnya.

Menurut Kurniawan, salah satu fokus IndiHome adalah pemerataan akses internet yang menyeluruh. Oleh karena itu, pembangunan jaringan ke daerah menjadi salah satu fokus utama. Hingga penghujung tahun 2022, IndiHome telah menjangkau 499 dari 514 kota/kabupaten. Dengan demikian, penetrasi layanan IndiHome secara nasional telah mencapai 97 persen.

Dengan jangkauan yang makin masif, IndiHome mengedepankan #youarefirst, dalam memenuhi kepuasan pelanggannya di setiap ekspansi bisnisnya. Dari sisi produk, di tahun 2022 ini, IndiHome menegaskan diri sebagai provider internet optik fiber dengan layanan televisi interaktif terbanyak hingga 214 ragam channel dari 14 mitra over the top (OTT/Over the Top) seperti Netflix, Disney Hotstar, hingga Vidio.

"Dengan banyaknya mitra OTT yang tergabung dalam ekosistem IndiHome, pelanggan dimudahkan dengan kustomisasi layanan sesuka hati dan kemudahan pembayaran cukup melalui 1 billing saja," ia melanjutkan.

Selain itu, dalam setahun terakhir, IndiHome juga terus berupaya meningkatkan kecepatan internet nasional. Dengan pangsa pasar (market share) internet fixed broadband nasional hingga lebih dari 80 persen, IndiHome terus berupaya meningkatkan peringkat kecepatan internet nasional. Setelah mendongkrak kecepatan internet nasional menjadi 30 mbps per akhir tahun lalu, tahun ini IndiHome menargetkan peningkatan kecepatan internet nasional secara rata-rata mencapai 40 mbps. “Ada hampir 3 juta pelanggan yang kami naikkan kecepatan internetnya secara gratis,” imbuh Kurniawan.

Sementara itu, di saat terjadi penyesuaian tarif internet akibat kenaikan PPN 11% pada bulan April 2022 lalu, IndiHome justru memberi diskon tarif pasang baru. IndiHome juga rajin memberi promo untuk mendatangkan pelanggan baru. Tidak kurang puluhan promo yang dihadirkan sepanjang tahun 2022 ini seperti promo bulanan berbalut tanggal cantik, hari nasional Indonesia, dan inisiatif promo sendiri seperti dalam merayakan HUT Telkom sepanjang bulan Juni lalu. Ragam promo yang diberikan pun beragam seperti potongan harga langganan, bebas biaya untuk pemasangan baru, hingga hadiah langsung kepada pelanggan.

IndiHome memastikan aktivitas promosi dilakukan secara berkelanjutan yang tidak sekedar bakar uang semata. Hal ini terbukti dari hampir 100 persen jumlah pelanggan baru yang tetap setia menggunakan IndiHome. "Bahkan, dalam kampanye promo 11.11 November lalu ada lebih dari 50 ribu pelanggan baru yang mendaftarkan diri dalam kampanye tersebut. Ini menunjukkan kebutuhan masyarakat akan internet cepat tetap tinggi," yakinnya.

Di luar kegiatan core business-nya, setiap pekannya, IndiHome juga memberikan dukungan ke puluhan kegiatan multisektor seperti olahraga, e-sport, seni, literasi, pendidikan, hingga kegiatan sosial yang tersebar di seluruh Indonesia. Contohnya, event akbar balapan MotoGP Indonesia pada Maret 2022 lalu dengan menyiapkan fasilitas internet optik fiber untuk semua stakeholder yang hadir di sirkuit ataupun penonton yang hadir.

Hasilnya, IndiHome mendapat kepercayaan masyarakat yang amat besar. Tidak kurang 37 penghargaan nasional sna internasional diraih pada sepanjang 2022. Itu artinya, bertumbuh pesat dari 24 penghargaan pada tahun lalu.

Sebut saja Stevie Award dan WEP Award yang memberi apresiasi besar terhadap ketanggapan layanan konsumen IndiHome dengan memberikan empat perhargaan prestisnya.

“Ekonomi digital sudah terbukti mengakselerasi pertumbuhan ekonomi. Karena itu, kami sangat optimistis menyongsong tahun 2023 dan menjadi bagian dalam pengembangan ekosistem digital nasional. Kami sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan masyarakat dan mitra potensial untuk memenuhi kebutuhan digitalisasi nasional,” pungkas Kurniawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)