Ini Deretan Program Super Indo demi Menjawab Perubahan Pola Belanja Konsumen saat Ramadan

MIX.co.id - Jaringan supermarket Super Indo menghadirkan deretan program pada momen ramadan tahun ini. Program tersebut dihadirkan sejalan dengan tingginya minat berbelanja konsumen Indonesia, termasuk pelanggan Super Indo, pada bulan ramadan.

Dituturkan President Director Super Indo, Boudewijn van Nieuwenhuijzen, pada konferensi pers sekaligus buka puasa bersama yang digelar hari ini (14/3), di Jakarta, "Bagi bisnis seperti kami, khususnya di sektor ritel, tidak dapat disangkal bahwa ramadan adalah periode peningkatan aktivitas. Kami di Super Indo sangat memahami pentingnya bulan Ramadan dan momen Idul Fitri bagi keluarga Indonesia. Kami melihat peningkatan permintaan, dan tentu saja, kami berusaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut.”

Sementara itu, adanya perubahan pola belanja, terutama untuk kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri, Super Indo juga memperkuat layanan belanja online yang memungkinkan pelanggan untuk berbelanja bahan pokok dan produk lainnya kapan saja dan di mana saja, tanpa harus pergi ke gerai.

“Selama Ramadan, Super Indo mencatat adanya perubahan pola belanja, terutama pada produk-produk yang berkaitan dengan kebutuhan khusus Ramadan. Kenaikan pembelanjaan ini didorong oleh kebutuhan makanan untuk berbuka puasa dan sahur, serta persiapan untuk merayakan Idul Fitri,” papar Yuvlinda Susanta, General Manager of Corporate Affairs & Strategic Event Management Super Indo.

Lebih jauh ia menjelaskan, beberapa pelanggan sudah mulai beralih ke belanja online sebagai cara yang lebih praktis untuk memenuhi kebutuhan mereka selama bulan puasa. “Oleh karena itu, melalui aplikasi My Super Indo, pelanggan dapat berbelanja dengan fitur layanan pengantaran ke rumah atau ambil di gerai untuk memberikan kenyamanan lebih bagi pelanggan yang ingin menghindari keramaian dan lebih fokus pada ibadah,” yakin Yuvlinda.

Sebagai wujud komitmen Super Indo terhadap produk berkualitas dan keamanan pangan, Super Indo telah berhasil memperoleh Sertifikasi Halal untuk dua kategori penting, yaitu jasa penjualan tanpa proses dan penyediaan makanan dan minuman dengan pengolahan yang dikeluarkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Dalam hal ini, Super Indo memiliki sistem pengawasan internal yang ketat untuk memastikan bahwa seluruh proses produksi sesuai dengan standar halal, sehingga pelanggan semakin merasa aman dan nyaman berbelanja di Super Indo.

Sementara itu, berdasarkan hasil riset We Are Social 2024, sekitar 34,4 persen pengguna internet di Indonesia telah membeli kebutuhan bahan pokok secara daring. Bahan pokok menempati posisi kedua setelah produk dan jasa online (59,3 persen), dan diperkirakan akan mengalami peningkatan signifikan pada tahun 2025, seiring dengan semakin banyaknya pelanggan yang mengandalkan kenyamanan berbelanja dari rumah.

Sebagai salah satu pemain e-grocery di Indonesia, Super Indo melalui aplikasi My Super Indo juga telah merasakan dampak positif dari fenomena tersebut, dengan semakin banyaknya pelanggan yang memilih platform online untuk memenuhi kebutuhan Ramadan mereka.

"Kami terus berinovasi dalam memberikan berbagai solusi belanja yang praktis dan efisien. Dengan memperluas jangkauan layanan online serta menghadirkan berbagai promo menarik, kami berharap dapat terus memenuhi ekspektasi pelanggan kami. Per Januari 2025, My Super Indo telah hadir di 104 gerai Super Indo, sehingga telah men-cover lebih dari 50% dari jumlah gerai Super Indo. Tentunya diharapkan, 2025, kami akan terus memperluas jangkauan ini,” harap Ihsan Wahab, Head of E-Commerce Super Indo.

Saat ini, lebih dari 5 juta orang telah menjadi pengguna aplikasi My Super Indo. Jumlah tersebut bertumbuh double digit dibandingkan dengan tahun lalu. Dari 5 juta pengguna tersebut, 50%-nya telah melakukan transaksi melalui aplikasi My Super Indo. Bahkan,

Pada kesempatan yang sama, Maria Hermina, Head of Brand & Marketing Super Indo, menerangkan, “sebagai bentuk komitmen kami untuk selalu memberikan nilai tambah kepada pelanggan setia, Super Indo meluncurkan serangkaian program dan promo spesial selama Ramadan dan Idul Fitri. Program dan promo ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan berbelanja yang lebih praktis dan menguntungkan, sekaligus memberikan kenyamanan lebih bagi pelanggan kami. Kami berharap, melalui berbagai inisiatif ini, pelanggan dapat merasakan pengalaman berbelanja yang lebih bermakna dan penuh berkah selama bulan Ramadan dan Idul Fitri nanti."

Dia menguraikan, deretan program pada saat Ramadan dan Idul Fitri tahun ini adalah Friday Mubarak, partisipasi Super Indo atas inisiasi pemerintah untuk menghadirkan paket sembako murah di 10 kota setiap hari Jumat sepanjang bulan Ramadan; Program #RamadandiSuperIndo, yakni promo sepanjang bulan Ramadan untuk produk pilihan, dengan harga lebih hemat; Program Loyalitas, yakni My Super Dream THR dimana Pelanggan dapat mengikuti program ini untuk mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah menarik berupa umroh, tabungan pendidikan, dan emas sebagai bentuk apresiasi atas kesetiaan pelanggan; serta Promo "Sehat Mudik" Super Indo, yakni program yang menawarkan berbagai produk kesehatan, suplemen, dan kebutuhan mudik lainnya dengan harga spesial. Program ini dirancang untuk membantu pelanggan yang akan melakukan perjalanan jauh saat mudik, memastikan mereka tetap sehat dan siap merayakan Idul Fitri bersama keluarga.

"Melalui berbagai program dan promo yang kami hadirkan, Super Indo berharap dapat memberikan kemudahan, kenyamanan, dan kebahagiaan bagi pelanggan kami dalam menjalani Ramadan. Kami berkomitmen untuk memastikan setiap momen Ramadan terasa lebih berkah dan bermakna bagi setiap keluarga Indonesia,” pungkas Yuvlinda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)