Ini Dia Suka Duka Mitra Pengemudi Bisnis Online

Ingin tahu suka duka mitra pengemudi (kurir) belanja online? Coba simak pengalaman tiga kurir Ninja Xpress -- penyedia jasa logistik last-mile  -- dari Pulau Tidung, Lembor, dan Desa Air Hitam Laut Jambi berikut ini.

Rian, salah satu kurir dari Desa Air Hitam Laut, Jambi. Setiap hari dia menempuh perjalanan pergi pulang sejauh lebih dari 80 km untuk mengantarkan paket milik pelanggan. Namun, perjalanan yang Rian tempuh setiap hari ini membuat Rian menemukan keluarga baru.

“Ada salah satu keluarga yang seringkali saya antarkan paketnya. Saking seringnya keluarga itu menjadi keluarga baru untuk saya. Saya sering beristirahat di sana,” ungkap Rian.

Ungkapan terima kasih juga disampaikan oleh Rindi, satu-satunya kurir di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu. Meskipun seringkali mendapatkan kendala dalam menghadapi pelanggan yang masih awam dengan sistem COD -  transaksi yang mengharuskan pertemuan antara pembeli dan penjual di tempat dan waktu yang sudah disepakati.

Rindi sering mendapati pelanggan yang belum mematuhi protokol kesehatan terkait  Covid-19. Namun, itu tak membuat semangat Rindi turun.

“Saya selalu bersemangat untuk mengedukasi dan mengirimkan 100-200 paket setiap harinya yang didominasi oleh masker kesehatan, saya berharap agar pelanggan tetap sehat di rumah saja, biarkan kami yang membantu mengirimkan paket untuk mereka,” ungkap Rindi.

Lain lagi cerita Sendi, salah satu kurir dari Lembor, NTT. Dia kerap menempuh perjalanan dengan infrastruktur yang belum memadai dan harus kembali ke tempat yang sama beberapa kali. Tidak jarang Sendi menemukan kendala di perjalanan karena motor yang mogok atau ban bocor akibat jalur yang terjal.

“Dengan membalas pesan kurir yang mengantarkan paket setiap harinya, jelas dapat memudahkan kami untuk mengantarkan paket ke tempat pelanggan selanjutnya,” ungkap Sendi.

Cerita-cerita mitra pengemudi itu, menurut CMO Ninja Xpress, Andi Djoewarsa, mewakili lebih dari 30.000 mitra pengemudi Ninja Xpress yang ada di Indonesia. Harapannya, pelanggan memahami kondisi yang dihadapi para mitra Ninja Xpress dalam menjalankan tugasnya.

Ninja Xpress berterima kasih kepada pelanggan yang sudah berkontribusi dalam melancarkan pekerjaan kurir serta membantu industri logistik untuk menjadi lebih baik di masa depan.

Mitra pengemudi juga menyampaikan ucapan terima kasih untuk para pelanggan yang sudah membalas pesan kurir dengan jelas, sehingga memudahkan kurir untuk mengantarkan barang milik pelanggan dan pelanggan pun mendapatkan barangnya dengan cepat.

Untuk meningkatkan layanannya – agar pelanggan lebih mudah mengirim dan menerima paket -- Ninja Xpress bekerja sama dengan Grab. Ninja Xpress terus memperluas jangkauan wilayah layanan on-demand yang saat ini dapat dinikmati di hampir sebagian besar Jawa ke seluruh Indonesia.

Melalui kerjasama dengan Grab ini, pelanggan dapat melakukan pesanan penjemputan paket melalui aplikasi Grab dengan beberapa alamat pengiriman tujuan dalam satu kali penjemputan dan satu kali pembayaran. Tarif yang ditawarkan untuk layanan on-demand tersebut dimulai dari Rp 10.000,-

Ninja Xpress memiliki obsesi mengantarkan paket ke 100% wilayah Indonesia, bersama dengan 30.000 kurirnya. Ninja Xpress juga terus meningkatkan layanannya. Mereka punya unit response cepat. "Melalui Respon Cepat Resolusi Tepat, diharapkan membantu paket pelanggan mudah sampai,” kata Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)