MIX.co.id - Sepanjang ramadan, ada sejumlah kategori produk yang diminati konsumen Indonesia. Menurut catatan Tokopedia, kategori Makanan dan Minuman, Kesehatan, Rumah Tangga, Elektronik, dan Perawatan Diri menjadi kategori paling laris selama periode kampanye Tokopedia Ramadan Ekstra (per 25 Maret-20 April 2022), jika dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

“Parsel Ramadan dan Lebaran berisi cokelat, kue kering, dan diffuser pengharum ruangan menjadi produk yang paling banyak dicari masyarakat lewat Tokopedia,” kata Head of Extrenal Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya, pada acara Buka Puasa Bersama Media yang digelar hari ini (25/4), di Jakarta.

Sementara itu, menjelang Lebaran 2022 (data 11-20 April 2022), kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya adalah Makanan dan Minuman, Fesyen, Perawatan Diri, dan Kecantikan.

Di kategori Makanan dan Minuman, produk yang paling diburu meliputi makanan dan minuman siap dikonsumsi, teh, dan hampers buah. Sedangkan di kategori Fesyen, produk seperti baju ihram, jilbab anak, serta jaket batik perempuan menjadi yang paling laris.

Pada kategori Perawatan Diri, parfum untuk perempuan, parfum khusus rambut, serta krim tirai (sunblock) untuk badan adalah beberapa produk paling laku. Lalu di kategori Kecantikan, produk maskara, krim tirai (sunblock) untuk wajah, serta bedak wajah menjadi produk paling dicari.

Diakui Ekhel, tren belanja di Tokopedia selama Ramadan atau menjelang Lebaran 2022 turut didorong oleh deretan inisiatif yang telah dihadirkan Tokopedia bagi masyarakat Indonesia, termasuk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) lokal di seluruh penjuru Indonesia. Salah satunya, Tokopedia Ramadan Ekstra, yang merupakan program belanja terbesar dari Tokopedia sepanjang Ramadan hingga 30 April 2022 mendatang.

Selain itu, Tokopedia juga punya  Tokopedia NOW! yang merupakan layanan 24 jam dalam 7 hari, sehingga memungkinkan masyarakat mendapatkan produk kebutuhan harian (sembako, daging, sayur, buah, dan sebagainya) dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran. “Jadi, belanja makanan untuk sahur dua jam sebelumnya pun dimungkinkan berkat kehadiran 24/7 Tokopedia Now!,” lanjut Ekhel.

Sementara itu, Tokopedia juga terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, antara lain melalui Kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP). Ada juga kampanye Ramadan in Style yang menggandeng UMKM lokal di industri fesyen,  termasuk fesyen muslim, salah satunya Wearing Klamby. "Kenaikan transaksi Wearing Klamby mencapai hingga 300% di Lebaran 2021," ucapnya.

Masih belum cukup, Tokopedia juga menggelar kampanye Parsel Ramadan, yang menghadirkan ribuan pilihan parsel mulai dari Rp 50 ribuan. Salah satu UMKM yang ikut dalam kampanye ini adalah Dekayu Indonesia. Transaksi Dekayu meningkat lebih dari empat kali lipat di Ramadan 2021 dibanding periode yang sama di bulan sebelumnya.

"Kami  juga menyiapkan materi edukasi #SIAPRAMADAN 2022 untuk memaksimalkan penjualan UMKM lewat Pusat Edukasi Seller," tutup Ekhel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)