Sepanjang tahun 2017, belanja iklan TV di Indonesia sanggup menembus angka Rp 97,45 triliun. Nilai tersebut hanya naik tipis jika dibandingkan tahun sebelumnya, 2016, yang mencapai Rp 97,03 triliun. Demikian hasil monitoring Adstensity tentang belanja iklan TV nasional.
Fakta lain yang terungkap dari hasil monitoring adalah pendapatan iklan dari masing-masing stasiun televisi selama tahun 2017 lalu. Adalah RCTI menempati posisi teratas dengan hasil belanja iklan yang mencapai Rp 14,76 triliun. Selanjutnya, disusul SCTV yang pendapatan iklannya tidak terpaut jauh, yakni Rp 13,83 triliun. Di posisi ketiga, ada ANTV dengan perolehan pendapatan Rp 11,90 triliun. Kemudian, diikuti oleh Indosiar dengan pendapatan Rp 11,31 triliun. Dan, di posisi kelima, ada MNC TV dengan pendapatan sebesar Rp 10,97 triliun.
Dengan rincian pendapatan iklan di atas, maka RCTI menempati posisi market leader dengan menguasai 15,15% dari total belanja iklan televisi selama 2017. Selanjutnya, SCTV memperoleh 14,20%, ANTV dengan 12,21%, Indosiar yang mencapai 11,61%, dan MNC TV dengan 11,26%.
Jika market share dilihat berdasarkan grup media, maka Grup MNC dengan tiga stasiun televisi, yaitu RCTI, Global TV, dan MNC TV masih menguasai media iklan televisi dengan market share 34,44%. Berikutnya, Grup SCM dengan dua stasiun televisi, yaitu SCTV dan Indosiar, meraih pangsa pasar 25,81%. Disusul oleh Grup Viva dengan dua stasiun televisi, ANTV dan TV One, sebesar 17,69%, serta Grup TransCorp dengan Trans TV dan Trans 7 yang memperoleh pangsa pasar sebesar 15,51%.