MIX.co.id – Analisis pasar menjadi tahap awal sekaligus strategi kunci dalam mengembangkan usaha. Hal itulah yang ditekankan Head of Product (Campaign) Tokopedia Helena.
“Kemampuan analisis pasar menjadi sangat penting bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) agar bisa terus beradaptasi dengan perkembangan era,” ucapnya.
Tokopedia juga terus membantu sekitar 12 juta penjual, di mana hampir 100%-nya UMKM lokal, memulai dan mengembangkan usaha melalui pemanfaatan teknologi.
Helena pun membagikan lima tips agar UMKM bisa mengasah kemampuan analisis pasar guna mengoptimalisasi potensi bisnis.
Pertama, Pantau Produk yang Sedang Trending di Pasar. Pegiat UMKM bisa memakai fitur Wawasan Pasar di aplikasi Tokopedia Seller untuk mempelajari kondisi pasar, termasuk produk terlaris dan kata kuncinya berdasarkan wilayah dan kategori. “Dengan begitu, penjual dapat menentukan jenis produk yang sedang populer untuk setiap kategorinya,” terang Helena.
Kedua, Pelajari Rekomendasi Harga Produk di Pasar. Caranya, dengan melakukan analisis perbandingan harga produk yang beredar di pasar sehingga harga yang ditawarkan berada dalam batas normal dan dapat bersaing.
Page: 1 2
Memasuki tahun kelima, Grab Business Forum 2024 hadirkan Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia, Suahasil Nazara…
MIX.co.id – Crane Lounge Jakarta, lounge ternama yang berlokasi di kawasan Jakarta Utara, menggelar mini…
MIX.co.id – Di Indonesia, sekitar 60% tenaga kerja, atau setara dengan sekitar 83 juta orang,…
MIX.co.id - Produsen alat kesehatan dan wellness, OSIM, berkomitmen untuk terus menyediakan produk canggih yang…
MIX.co.id - WOM Finance, anak perusahaan PT Bank Maybank Indonesia Tbk., telah mencatatkan kinerja positif…
MIX.co.id - Indonesia Financial Group (IFG)--Holding BUMN Asuransi, Penjaminan, dan Investasi--berkolaborasi dengan Lembaga Penyelidikan Ekonomi…