MIX.co.id – Analisis pasar menjadi tahap awal sekaligus strategi kunci dalam mengembangkan usaha. Hal itulah yang ditekankan Head of Product (Campaign) Tokopedia Helena.
“Kemampuan analisis pasar menjadi sangat penting bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) agar bisa terus beradaptasi dengan perkembangan era,” ucapnya.
Tokopedia juga terus membantu sekitar 12 juta penjual, di mana hampir 100%-nya UMKM lokal, memulai dan mengembangkan usaha melalui pemanfaatan teknologi.
Helena pun membagikan lima tips agar UMKM bisa mengasah kemampuan analisis pasar guna mengoptimalisasi potensi bisnis.
Pertama, Pantau Produk yang Sedang Trending di Pasar. Pegiat UMKM bisa memakai fitur Wawasan Pasar di aplikasi Tokopedia Seller untuk mempelajari kondisi pasar, termasuk produk terlaris dan kata kuncinya berdasarkan wilayah dan kategori. “Dengan begitu, penjual dapat menentukan jenis produk yang sedang populer untuk setiap kategorinya,” terang Helena.
Kedua, Pelajari Rekomendasi Harga Produk di Pasar. Caranya, dengan melakukan analisis perbandingan harga produk yang beredar di pasar sehingga harga yang ditawarkan berada dalam batas normal dan dapat bersaing.
MIX.co.id – Merasa nyeri otot setelah berolah raga atau melakukan aktivitas berlebih kerap dialami banyak…
MIX.co.id - Diplomat Success Challenge (DSC) Season 15 baru saja digelar Wismilak Foundation. Program kompetisi…
MIX.co.id - The Apurva Kempinski Bali berkomitmen menjalankan inisiatif keberlanjutan dalam praktik bisnisnya. Salah satunya,…
MIX.co.id - Menyambut bulan valentine, merek elektronik global TCL mengajak pelanggan untuk menikmati promo terbesar…
MIX.co.id - J99 Corp. baru saja menggelar program employee gathering yang diikuti oleh seluruh karyawan.…
MIX.co.id – Jakarta Sneaker Day (JSD) tahun ini kembali digelar. Berkolaborasi dengan BCA melalui myBCA,…