Ini Strategi agar Konten Digital Mampu Menghasilkan Users Engagement Maksimal

MIX.co.id - Memaksimalkan users engagement dan meningkatkan margin laba di tengah era pemasaran digital yang kompetitif, bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan keseimbangan sempurna antara kualitas dan kuantitas konten, jika ingin memaksimalkan users engagement dan unggul dalam kompetisi.

Diungkapkan Moch. Rifki, Head of Publisher Development MGID Indonesia & Malaysia, langkah Pertama yang harus dilakukan para publisher digital untuk memaksimalkan users’ engagement dan unggul dalam kompetisi adalah dengan memperkuat tiga pilar penerbitan digital, yakni teknologi, traffic, dan viewer.

“Para publisher digital masih bersaing demi secuil traffic, baik dari pencarian, media sosial, atau hasil-hasil langsung. Mereka masih ingin tahu apa yang membuat viewer mereka tertarik agar mereka dapat membuat semua orang berlangganan, login atau melakukan tindakan yang diinginkan,” urainya.

Oleh karena itu, ia mengingatkan, satu hal yang berubah, dan berubah dengan cepat, adalah teknologi. Teknologi adalah pilar yang harus diprioritaskan oleh para publisher digital yang ingin sukses, dan juga satu pilar yang sangat mengandalkan pilihan mitra yang tepat.

Langkah kedua adalah menjalankan kampanye berbasis kinerja untuk menyeimbangkan kuantitas. Untuk meningkatkan kuantitas secara tepat, publisher membutuhkan mitra teknologi yang mampu memberikan data penting dan kontekstual yang dibutuhkan dalam membuat keputusan konten yang tepat.

Selain itu, konteks adalah satu hal yang dibutuhkan oleh kampanye kontemporer berbasis kinerja yang mengandalkan data pihak pertama. Informasi seperti spesifikasi inventaris, data viewer (perangkat yang digunakan, minat, lokasi, dan lain-lain), dan isi iklan dapat membantu para publisher dalam mengetahui secara tepat di mana pertambahan kuantitas konteks dibutuhkan dan untuk siapa.

Ketiga, jangan pernah mengorbankan kualitas demi kuantitas, karena hal itu bukanlah jalan menuju sukses. Untuk itu, Menurutnya, bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan teknologi dan jaringan-jaringan iklan seperti MGID—yang merupakan platform native advertising global—sangat bermanfaat bagi para publisher.

Sejatinya, perusahaan teknologi dan jaringan iklan menyediakan para pengiklan dengan keamanan sekaligus perlindungan dengan menghubungkannya ke para publisher terpercaya dan menemukan inventaris dengan konteks yang sesuai dengan iklan.

Itu artinya, para publisher harus memenuhi janji mereka dengan menyediakan inventaris berkualitas bagi para pengiklan. Yang dimaksud dengan inventaris berkualitas adalah kualitas dari konten yang dibuat oleh para publisher di website mereka.

Lebih jauh ia menerangkan, aspek terpenting dari kualitas inventaris adalah brand safety. Para pengiklan tidak ingin iklan mereka diasosiasikan dengan konten berkualitas rendah yang menurunkan brand safety. Memastikan setiap konten yang diterbitkan bersahabat dengan iklan dan brand, misalnya, mendapatkan peringkat keamanan tinggi, adalah sepenuhnya tugas para publisher.

“Namun, membangun pengalaman yang positif di sebuah website publisher itu lebih dari sekadar brand safety saja. Dibutuhkan kemampuan untuk menjangkau viewer dari publisher kapan saja mereka siap untuk melakukan pembelian dan menghadirkan iklan di saat yang tepat,” ia mengingatkan.

Oleh karena itu, MGID menawarkan solusi dengan menggunakan Contextual intelligence. Menggunakan taksonomi Standard IAB 2.2, MGID mampu mengkategorisasikan konten, menilai sentimen, seperti tone, dan membuat profil viewer berdasarkan perilakunya.

“Sebagai contoh, sentimen adalah satu hal yang sangat penting bagi kampanye-kampanye produk dan politik. Dengan semua data yang ada, MGID mampu menggolongkan kualitas konten publisher berdasarkan konteks dan membuat keputusan-keputusan penempatan iklan yang sempurna yang menguntungkan semua pihak di dalam ekosistem,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)