Ini Tiga Perubahan Perilaku dan Harapan Wisatawan Indonesia Pasca Pandemi

Studi "Google Consumer Surveys" yang berlangsung pada April dan Mei 2020 terhadap konsumen di 17 negara termasuk Asia Pasifik menunjukkan, lebih dari 25% responden di Indonesia, India, Filipina, dan Vietnam mengaku memiliki rencana melakukan perjalanan domestik dalam tiga bulan ke depan. Bahkan, responden Indonesia yang berencana ke luar negeri dalam satu tahun ke depan, persentasenya mencapai 44%.

Studi ini juga mengungkapkan bahwa Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi cara seseorang dalam memutuskan rencana perjalanan. Terbukti, ada tiga perubahan perilaku dan harapan konsumen dalam merencanakan perjalanan.

Pertama, memprioritaskan keamanan dan kebersihan. Bagi responden Indonesia, keselamatan dan jaminan kebersihan masih menjadi salah satu pertimbangan utama dalam memilih hotel. Di Indonesia, 24% responden yang ingin bepergian dalam tiga bulan ke depan menyebutkan bahwa “peningkatan standard kebersihan” menjadi pertimbangan utama dalam memesan hotel. Selanjutnya, 21% responden menyatakan “ketersediaan masker gratis/sanitizer wipes” sebagai pendorong utama untuk melakukan pemesanan hotel. Namun, 28% mengaku masih menjadikan diskon menjadi pertimbangan dalam memesan hotel.


Kedua, mendapatkan potongan harga dan fleksibilitas. Ketika konsumen Indonesia mulai mempertimbangkan untuk kembali melakukan perjalanan, motivator utama untuk memesan penerbangan adalah potongan harga bagi konsumen. Hal ini terlihat dari 28% responden di Indonesia mengatakan potongan harga penerbangan mendorong mereka untuk melakukan perjalanan. Tetapi, hanya karena konsumen Indonesia menginginkan diskon, mereka juga tetap mengutamakan peningkatan standard kebersihan pada fasilitas yang digunakan.

Ketiga, ada pertimbangan preferensi jangka pendek konsumen. Studi menunjukkan jika mereka ingin memesan perjalanan dalam tiga bulan kedepan, 34% responden di Indonesia memilih melakukan perjalanan ke kawasan Asia Pasifik dalam tiga bulan ke depan. Selain itu, perjalanan domestik jarak dekat juga lebih menarik bagi 23% responden lainnya. Sementara itu, 22% mengaku akan ke mana saja ke luar negeri dan 21% mengaku akan ke mana saja di dalam negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)