Ini Upaya Pemerintah Bangkitkan Pariwisata di Bali

MIX.co.id - Guna mensosialisasikan program pemerintah di bidang pariwisata untuk mengembalikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat ketika berada di tempat wisata, Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, kembali menggelar workshop Generasi Positif Thinking (Genposting). Webinar kali ini mengusung tema "Bali Bangkit dan Siap Menghadapi Nataru (Natal dan Tahun Baru) dengan Kewaspadaan dan Kesiapan Pencegahan Covid-19".

Digelar pada akhir November ini (24/11), program ini berlangsung secara hybrid, yaitu secara luring di Hilton Resort Nusa Dua, Bali dan secara daring melalui platform zoom dan disiarkan secara live streaming melalui kanal Youtube Ditjen IKP Kominfo.

Pada kesempatan ini, dihadrikan sejumlah pembicara antara lain Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Septriana Tangkary;  Kepala Bidang Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Nyoman Ayu Andriani;  Direktur Eksekutif Badan Pimpinan Daerah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (BPD PHRI) Bali Ida Bagus Purwa Sidemen;  dan Dewan Pengurus Daerah Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (DPD ASITA)  I Putu Winastra.

“Kegiatan ini diharapkan dapat membekali masyarakat, UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), pelaku usaha pariwisata, serta perangkat desa dengan pemahaman akan program pemerintah di bidang pariwisata untuk mengembalikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat ketika berada di tempat wisata, khususnya di Bali," papar Septriana.

Selain itu, lanjutnya, program ini juga bertujuan untuk menyosialisasikan kembali pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, sehingga dapat membangkitkan perekonomian nasional dengan turut serta membangkitkan pariwisata

Terkait dengan pemulihan pariwisata dan persiapan kedatangan wisatawan, pemerintah telah melakukan berbagai inisiatif agar wisatawan berniat datang ke Bali.

“Program digitalisasi pariwisata kita gaungkan. Kita juga menata jalur agar jalur wisata bisa menyentuh sektor produksi masyarakat untuk dapat meningkatkan perekonomian. Salah satu yang sedang dipersiapkan adalah program karantina on-board atau dengan berlayar sebagai inovasi dari peraturan wajib karantina yang ada untuk turis mancanegara,"  ungkap Ni Nyoman Ayu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)