Di tengah kondisi ekonomi yang tidak kondusif, industri periklanan Indonesia masih dapat bernafas lega. Pasalnya, tahun 2015 ditutup dengan cukup positif, yakni belanja iklan mampu tumbuh 7% dengan perolehan total Rp 118 triliun. Dari angka itu, tak kurang sepuluh brand menjadi top spender-nya di media TV dan cetak.
Brand dengan belanja iklan tertinggi jatuh pada brand Indomie, dengan nilai Rp 971,2 miliar. Selanjutnya, diikuti oleh kompetitornya, Mie Sedaap yang berada di posisi kedua, dengan nilai Rp 733,7 miliar. Di posisi ketiga dan keempat ada brand Traveloka dan Tokopedia, yang masing-masing membelanjakan iklannya senilai Rp 697,3 miliar dan Rp 625,3 miliar. Keduanya merupakan kategori e-commerce.
Di posisi kelima ada Pemda Riau yang nilai belanja iklannya mencapai Rp 571,1 miliar. Di posisi keenam, brand Telkomsel yang nilai belanja iklannya menembus Rp 543,1 miliar. Selanjutnya, di posisi ketujuh berasal dari kategori pemerintahn lagi, yakni Pemda Kalimantan Timur, Rp 542,8 miliar.
Brand SGM Eksplor 1 Plus menempati peringkat kedelapan dengan belanja iklan Rp 493 miliar. Berikutnya, di posisi kesembilan dan kesepuluh, ada brand Marjan (Rp 469,5 miliar) dan Sunlight Jeruk Nipis 100 (Rp 468 miliar).
1 thought on “Inilah Daftar Top 10 Pembelanja Iklan di Tahun 2015”