Inilah Empat Sektor Industri di Indonesia yang Bakal Diserbu 77 Brand Asal Taiwan

Sejak hadir di Indonesia pada tahun 2010, program "Taiwan Excellence" mendapat sambutan positif dari pasar Indonesia. Diorganisasi oleh Bureau of Foreign Trade dan dieksekusi oleh Taiwan External Trade Development Council (TAITRA), program "Taiwan Excellence" menjadi agenda tahunan Taiwan di Indonesia melalui road show ke kota-kota besar.

IMG_20150922_25666

Indikasi keberhasilan Taiwan Excellence dapat dilihat dari jumlah produk dan brand yang dibawa ke Indonesia. "Jika di awal produk yang diusung hanya belasan, maka setelah memasuki tahun kelima, jumlah produk Taiwan yang bergabung di Taiwan Excellence mencapai 80-an," kata Tony K. L. Lin, Direktur TAITRA.

Dari 77 brand yang diusung Taiwan Excellence tahun ini, ada empat sektor industri di Tanah Air yang siap diserbu. Keempat kategori itu adalah Home and Living (20 brand), Transportation and Leisure (13 brand), ICT (Information Communication technology) dengan 35 brand, dan Living Application and Health Care (7 brand). Di kategori ICT misalnya, sejumlah brand asal Taiwan yang sudah sangat dikenal dan dekat dengan konsumen Indonesia juga turut serta di tahun ini. Sebut saja, Acer, Asus, BENQ, HTC, dan D-Link.

Bergabung dalam Taiwan Excellence, kata Tony, para pemilik brand harus melewati seleksi yang ketat. Mereka harus mendapatkan Taiwan Excellence Award terlebih dahulu untuk bisa ikut di program Taiwan Excellence. "Taiwan Excellence Award adalah award dari pemerintah Taiwan. Ada empat kriteria yang harus dipenuhi untuk mendapatkan Taiwan Excellence Award yang hanya berlaku satu tahun. Keempat kriteria itu adalah kekuatan marketing, dukungan finansial, inovasi, dan Research and Development," paparnya.

Setelah mendapatkan Taiwan Excellence Award, maka brand memiliki kesempatan untuk bergabung dengan program "Taiwan Excellence". Sejatinya, sebagai program pemerintah Taiwan untuk memperkenalkan produk-produk Taiwan di mancanegara--termasuk Indonesia--maka seluruh brand yang ikut serta tidak dikenakan biaya. "Semua ditanggung pemerintah Taiwan dan sponsor. Karena Taiwan memiliki komitmen untuk mempromosikan produk-produk terbaik dari Taiwan, maka hanya produk-produk yang terseleksi lewat Excellence Award yang boleh ke mancanegara," ia menambahkan.

Diungkapkan Tony, program "Taiwan Excellence" tahun 2015 ini kembali digelar secara terintegrasi dengan menggelar rangkaian kegiatan seperti event lari bersama "Happy Run" dan kegiatan charity "Taiwan Excellence Charity Drive In Indonesia". Untuk kegiatan charity, Taiwan Excellence menggandeng Palang Merah Indonesia, Domper Dhuafa, dan World Vision. "Untuk Happy Run, tahun lalu kami sukses mendapatkan 2.000 peserta. Tahun ini, kami menargetkan 5.000 partisipan," tambah Tony yang menyebutkan bahwa event Happy Run disponsori oleh PX dan China Airlines, yang juga brand asal Taiwan.

Tak hanya lari dan charity, tahun ini "Taiwan Excellence" juga memamerkan 77 brand yang diusungnya lewat kegiatan "Taiwan Excellence Experiencing Zone". Melalui kegiatan yang akan digelar selama 2-4 Oktober 2015 di Mal Senayan City itu, diharapkan Tony, konsumen Indonesia dapat memperoleh experience tentang produk-produk Taiwan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)