Inilah Lima Karakter Pengguna TikTok yang Menyukai Otomotif

Otomotif menjadi salah satu konten yang diminati pengguna TikTok. Hal itu ditandai dengan pertumbuhan views yang signifikan terhadap konten video otomotif. Pada Mei 2021, pertumbuhan views konten video otomotif di TikTok mencapai 5,1 kali dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Lantas, seperti apa karakter pengguna TikTok yang memiliki ketertarikan dengan otomotif? Dipaparkan Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing TikTok Indonesia, dalam konferensi pers yang digelar secara virtual pada hari ini (9/7), berdasarkan studi TikTok terhadap ratusan pengguna TikTok di Indonesia, ada 79% persen responden merasa tertarik membeli mobil berbahan bakar bensin. Selanjutnya, diikuti oleh mobil electric (34%), mobil hybrid (25%), dan mobil diesel (19%).

Fakta kedua, pengguna TikTok yang menyukai konten otomotif, juga memiliki irisan ketertarikan pada bidang teknologi. “Ada 74% responden TikTok yang berencana membeli mobil yang memiliki keunggulan dari sisi teknologi,” ucapnya.

Fakta ketiga, pengguna TikTok yang berencana membeli kendaraan (otomotif) juga menyukai ketertarikan dengan musik (77%), teknologi (74%), film (66%), finance (60%), gaming (59%), travel (59%), sport (58%), dan fotografi (54%).

“Dengan memahami ketertarikan itu, para pengelola merek otomotif dapat merancang kampanye komunikasi merek mereka di platform TikTok melalui konten yang terkait musik, teknologi, film, finance, gaming, travel, sport, hingga fotografi,” ia menyarankan.

Fakta keempat, ada tiga pilar utama yang dibutuhkan dalam menghadirkan digital showroom. Ketiga pilar itu adalah inspirasi, informasi, dan hiburan. "Di masa seperti sekarang ini, brand otomotif dapat memanfaatkan platform seperti TikTok sebagai digital showroom tak hanya untuk memasarkan produknya, tetapi bisa juga untuk terhubung dengan konsumen melalui konten-konten informatif, inspiratif, serta menghibur," ungkap Sitaresti.

Fakta kelima, komunitas pengguna TikTok di Indonesia menunjukkan minat yang lebih tinggi untuk membeli kendaraan bermotor dibandingkan non-pengguna TikTok. Seperti yang terungkap dari survei Global Web Index pada kuartal kedua 2020, 87% pengguna TikTok telah melakukan pembelian online. Selain itu, hastag #TikTokMadeMeBuyIt telah mencapai 735 juta views.

“61% pengguna TikTok juga merasakan bahwa iklan di TikTok terhitung unik atau berbeda dibandingkan iklan yang mereka lihat di platform media sosial atau platform video lainnya,” tutur Sitaresti yang menyebutkan bahwa 3 dari 4 pengguna TikTok sudah memiliki pekerjaan dan 3 dari 5 pengguna TikTok sudah menikah dan memiliki anak.

Berangkat dari berbagai fakta itu, ia menyarankan, agar para pengelola merek otomotif yang ingin memanfaatkan platform TikTok sebagai kampanye komunikasi merek mereka harus memahami terlebih dahulu target audience yang ingin disasar. “Setelah itu, mereka dapat membuat kampanye dengan konsep storytelling yang kreatif dan otentik berdasarkan passion audience yang disasar,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)