Studi Nielsen Digital Consumer 2019 yang dirilis pertengahan Maret ini (19/3), menunjukkan sejumlah temuan yang menarik terkait perilaku digital netizen di Indonesia. Temuan pertama, dalam dua tahun terakhir, 98% netizen menggunakan perangkat smartphone untuk mengakses internet. Selanjutnya, diikuti dengan laptop yang diakses oleh 65% netizen dan 55% netizen menggunakan desktop PC.
Yang menarik, netizen yang mengakses melalui smart tv mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan, yakni 17% di 2019. Bandingkan dengan tahun 2017, yang hanya 7% netizen mengakses melalui smart TV. Sementara itu, sebagian besar netizen di Indonesia menghabiskan waktu mereka di internet untuk mengakses sosial media.
Temua kedua, rupanya kegiatan berbelanja online mencapai puncaknya pada jam kerja, sekitar pukul 09.00-15.00 setiap harinya. Dalam satu bulan terakhir, 67% online shopper dapat menghabiskan Rp 50.000 hingga Rp 500.000 untuk berbelanja online. Adapun kategori yang paling banyak dibeli netizen adalah kategori produk fashion (72%). Disusul kategori makanan dan minuman (42%), gadget atau elektronik (41%), lalu kebutuhan sehari hari dan kategori kosmetik atau perawatan wajah dengan masing-masing 40%.
Temuan ketiga, seiring dengan tren belanja online, metode pembayaran pun kini telah beralih menggunakan pembayaran digital atau lebih dikenal dengan e-wallet. Kini, sebanyak 56% netizen telah memilih menggunakan metode pembayaran digital hampir setiap hari. Kebanyakan dari mereka, yakni 81% netizen, menggunakan pembayaran digital ini untuk membayar makanan dan minuman. Disusul dengan 72% netizen yang menggunakan e-wallet untuk transaksi transportasi dan sekitar 41% netizen menggunakan untuk membayar tagihan-tagihan (kartu kredit, listrik, air, dan sebagainya). Sementara itu, platform aplikasi e-wallet yang digunakan pun tercatat sangat beragam. Namun, OVO yang merupakan platform pembayaran digital dari Lippo Group terlihat lebih dominan, dengan 80% pengguna.
Temuan keempat, terkait keperluan menonton video, selain Youtube, ada banyak pilihan platform maupun situs baik yang gratis maupun yang berlangganan. Namun, Youtube adalah platform yang paling banyak digunakan netizen (68%) untuk menikmati konten acara TV atau film.
Temuan kelima, untuk mendengarkan musik di internet, rupanya platform sharing musik dan aplikasi musik yang premium masih sangat digandrungi oleh netizen. Terbukti, 67% netizen mendengarkan musik atau radio melalui platform sharing seperti Youtube atau Dailymotion. Sedangkan 57% netizen, memilih melalui aplikasi musik freemium seperti Spotify, Joox, Apple Music, dan sebagainya.