Categories: News Trend

Inilah TOP 5 Digital PR Index 2020

Perusahaan konsultan TRAS N CO Indonesia kembali merilis hasil studi terbarunya, Top Digital PR Index yang dilakukan sepanjang September 2019 hingga Januari 2020. Studi dilakukan kepada 1.000 perusahaan dari 105 kategori produk atau jasa dan 583 perusahaan publik dari 43 kategori industri.

Dijelaskan Tri Raharjo, Founder & Chairman TRAS N CO Indonesia, metode penelitian ini menggunakan quantitative survey, dengan teknik pengambilan data menggunakan desk research melalui tiga parameter penilaian, yakni Digital Media Aspect, Social Engagement Aspect, dan Digital Mention Aspect. Sementara penilaian untuk perusahaan publik berdasarkan tiga penilaian, yakni Digital media Aspect, Digital Sentiment Aspect, dan Digital Awareness Aspect.

Hasil studi itu mengungkapkan bahwa dari 105 kategori produk atau jasa yang tersurvei, telah tersaring TOP 5 Digital PR Index 2020, di mana kategori “Mobil” telah menempati urutan teratas dengan torehan index mencapai 13,04% dan telah diulas sebanyak 853.840 pemberitaan dalam setahun terakhir.

Sementara itu, berdasarkan pencarian di lima halaman search engine news, kategori Mobil memiliki persentase 97,38% berita positif dan 2,62% berita negatif. Tak heran kalau di sosial media, kategori ini juga memiliki banyak penggemar di Facebook hingga mencapai 32.752.162 penggemar.

“Tentunya ini menjadi bukti keberhasilan atas kinerja positif dalam membangun reputasi brand, kredibilitas, serta kepercayaan publik, terutama untuk kategori Mobil,” ungkap Tri, yang juga menjabat sebagai Chairman Indonesia Brand Network (IBN), baru-baru ini, di Jakarta.

Di urutan kedua, ada kategori “Motor” dengan total index mencapai 11,87% dan 737.300 pemberitaan, yang terdiri dari 99,14% berita positif dan 0,86% berita negatif. Sementara di sosial media, kategori ini memiliki 1.323.907 pengikut di Instagram.

Selanjutnya, di peringkat ketiga, ada kategori “Bank” yang sukses dengan torehan total index mencapai 7,13% dan 389.510 pemberitaan. Adapun urutan keempat dan kelima berhasil ditempati oleh kategori ‘Smartphone’ dan ‘Online Transportation’ dengan total index masing-masing 6,05% dan 3,57%. Sementara pemberitaan dalam setahun terakhir untuk masing-masing kategori ini adalah 236.110 dan 192.400 pemberitaan. Kedua kategori ini berhasil menorehkan 100% berita positif berdasarkan pencarian pada di lima halaman search engine.

“Melihat hasil tersebut, boleh dibilang perusahaan-perusahaan yang mengacu pada kategori tersebut telah mampu memanfaatkan secara maksimal peran Digital PR-nya dalam membangun kepercayaan konsumen untuk dapat terus memacu pertumbuhan perusahaan di tengah era digitalisasi saat ini,” pungkas Tri.

Dwi Wulandari

Recent Posts

Majukan Fintech P2P Lending, Rupiah Cepat Libatkan Peran Perempuan

MIX.co.id – Perempuan memiliki peran penting dalam industri fintech peer to peer (P2P) lending. Hal…

4 hours ago

Q1 2024, Pendapatan Indosat Tumbuh 15,8%

MIX.co.id - Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan total pendapatan sebesar Rp 13.835 miliar, pada kuartal pertama…

6 hours ago

“Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program 2024” Jangkau Pelajar hingga Papua

MIX.co.id - Tahun ini, Starbucks kembali menggelar "Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program" (SCYEP). Melalui program…

7 hours ago

J&T Express akan Kembali Menggelar “J&T Connect Run 2024”

MIX.co.id - Tahun 2024 J&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global, kembali menggelar J&T Connect Run.…

13 hours ago

Intip Keberhasilan EF Kids & Teens Jalankan Program Pelatihan Bahasa Inggris di Daerah Wisata

MIX.co.id - EF Kids & Teens Indonesia baru saja merampungkan progam Pelatihan Bahasa Inggris untuk…

15 hours ago

Kolaborasi Jadi Kunci Kepengurusan Perbasi Periode 2022-2026 dalam Mengukir Prestasi

MIX.co.id - Sejak dilantik, masa kepengurusan Perbasi (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) Jakarta periode 2022-2026,…

17 hours ago