Inisiatif Budaya dari Vera Kebaya

Memanfaatkan momentum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73, Vera Kebaya menggelar kampanye budaya bertajuk "Merajut Nusantara". Kampanye yang akan digelar pada 15 Agustus 2018 di Raffles Hotel-Jakarta tersebut merupakan inisiatif budaya Vera Kebaya dalam melestarikan budaya Indonesia melalui berbagai koleksi budaya nusantara.

Dijelaskan Vera Anggraini sebagai fashion designer sekaligus pemilik label Vera Kebaya, "Melalui pagelaran seni Merajut Nusantara ini, saya berharap kita tidak lupa dengan budaya Indonesia, bangga dengan budaya Indonesia, serta mau melestarikan budaya Indonesia. Pagelaran ini juga menjadi wujud kecintaan saya akan budaya pernikahan Indonesia dari Sabang sampai Merauke, yang sangat kaya akan warna, corak, dan tradisi lewat pagelaran busana dan hiasan adat yang penuh variasi."

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa Merajut Nusantara merupakan kerja budaya yang didukung oleh banyak pihak. Antara lain, fotografer Darwis Triadi, Djaduk Ferianto dari KuaEtnika, videografer Wiki Lee, tata rias Irwan Riady, Adi Adrian, Anpasuha, Mamie Hardo, Des Iskandar, dan masih banyak lagi.

Pada pagelaran "Merajut Nusantara" akan disajikan 40 koleksi kebaya pernikahan Nusantara dari Aceh hingga Papua, karya Vera Anggraini, yang sarat akan tradisi dan ritual. Pagelaran budaya ini akan dibagi dalam tiga sesi dengan melibatkan sanggar-sanggar tradisional. Persiapannya pun mencapai lebih dari empat bulan.

"Rencananya, Merajut Nusantara ini akan digelar di luar negeri untuk memperkenalkan budaya Indonesia lewat kebaya ke pasar mancanegara. Selain itu, masih dalam rangkaian kampanye Merajut Nusantara, kami juga akan menggelar peluncuran buku tentang kebaya," lanjutnya.

Selama ini, Vera Kebaya karya Vera Anggraini telah dikenakan oleh berbagai public figure. Di antaranya, Raisa Andriani, Raline Shah, Momo Geisha, Rahayu Saraswati, Sundari Soekotjo, Vanessa Angel, Bunga Jelitha, Annisa Yudhoyono, hingga Kahiyang Ayu. Sebelumnya, pada tahun 2017, tepat di 15 tahun perjalanan karirnya di dunia fesyen, Vera pernah menggelar fesyen tunggalnya di Grand Hyatt Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)