Inisiatif Eden Farm untuk Petani dan UMKM

Pandemi mendorong brand harus kreatif dalan menghadapi perubahan perilaku konsumen. Mengingat, di masa pandemi bahkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), berbagai kegiatan di luar rumah dibatasi. Contohnya, restoran, kafe, dan warung makan diperbolehkan buka, namun hanya menerima pesanan pengantaran atau bawa pulang, tidak diperbolehkan makan di tempat.

Untuk itu, Eden Farm--yang hadir pada 2017 sebagai penyedia sayur, buah, telur, serta kebutuhan pokok untuk bisnis kuliner, pasar tradisional, start-up lain, serta hotel--merilis platform aplikasi Eden Farm di tahun ini.

Di tahun ini, Eden Farm juga menghadirkan layanan order melalui WhatsApp Otomatis (0821-8088-5970), yang memungkinkan pelanggan untuk melihat katalog produk beserta harga dan melakukan pesanan secara mandiri. Bahkan, Eden Farm juga membuka peluang bisnis re-seller dan aktif di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan Blibli.

David S.Gunawan, Founder & CEO Eden Farm, mengatakan, “Pada masa pandemi ini, Eden Farm tetap beroperasi demi tetap menyediakan kebutuhan warga masyarakat serta pelanggan lain yang mayoritas UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), dengan harga stabil dan memastikan hasil petani Indonesia terserap."

Lebih jauh ia menjelaskan, di masa pandemi ini, Eden Farm juga semakin memperkuat peranannya di industri Agri-tech dengan membangun Eden Farm Sourcing Center (ESC) dan Eden Farm Distribution Network (EDN). Kedua program tersebut merupakan suatu kesinambungan dari hulu sampai hilir.

"ESC adalah program kerja sama langsung dengan petani untuk menentukan pola tanam, kepastian harga jual, dan kepastian jumlah hasil tani yang diambil setiap harinya, sedangkan EDN adalah jaringan distribusi yang dibuat Eden Farm dengan memberdayakan banyak masyarakat. EDN tersebar di berbagai lokasi serta berada dalam radius 5 km dari pelanggan sehingga pengiriman lebih cepat dan efisien," paparnya.

Upaya itu diambil untuk melindungi lebih dari 1.000 mitra petani dan produsen pangan yang telah bekerja sama dengan Eden Farm agar konsistensi penyerapan hasil panen tetap terjaga. Kemudian, memastikan lebih dari 20.000 UMKM dan pelapak pasar yang telah menjadi pelanggan Eden Farm tetap produktif di masa pandemi ini lewat pasokan sayur, buah, telur dan sembako dengan harga terbaik.

"Eden Farm juga memiliki 'program cicilan bagi pelanggan' untuk membantu mereka memulai lagi usaha kulinernya di masa yang sulit ini. Selain itu, petani sudah menjadi bagian dari Eden Farm. Untuk itu, kami akan terus berjuang untuk menyejahterakan petani Indonesia sehingga visi Eden Farm agar Indonesia mencapai swasembada pangan bisa tercapai," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)