Inisiatif Johnson & Johnson dalam Menjaga Kesehatan dan Kesejahteraan Karyawan

PT Johnson & Johnson Indonesia menyadari bahwa karyawan merupakan pemangku kepentingan dan aset perusahaan yang penting untuk dijaga dan dilindungi. Untuk itu, perusahaan berkomitmen untuk tetap berada di garis depan dalam upaya menjaga kesehatan setiap aspek masyarakat, termasuk kesehatan dan keselamatan para karyawan.

Dikatakan Devy Yheanne, Country Leader of Communications & Public Affairs PT Johnson & Johnson Indonesia, “Kesehatan dan kesejahteraan karyawan serta kesehatan mental, menjadi prioritas kami, terutama selama pandemi ini. Dalam menghadapi situasi pandemi, kami terus berfokus pada adaptasi lingkungan kerja, menerapkan kebijakan yang bermanfaat dan mendukung karyawan kami dalam menyeimbangkan tanggung jawab pribadi dan profesional, serta memprioritaskan kesehatan dan kesejahteraan emosional, mental, dan fisik mereka, sehingga mereka bisa menjadi yang terbaik.”

Untuk itu, Johnson & Johnson menggelar program secara global, ‘Employee Assistance’, yang memberikan akses bagi karyawan untuk berkonsultasi dengan konselor bersertifikasi mengenai sejumlah masalah personal maupun terkait kesehatan mental, termasuk stres akibat pandemi.

Konselor tersebut akan tersedia setiap saat melalui saluran telepon atau tautan (link) khusus yang disediakan oleh perusahaan dan dapat membantu memberikan konsultasi untuk mendukung kesehatan mental mereka selama masa sulit ini.

“Dalam upaya mendorong karyawan untuk mempertimbangkan pengobatan virtual sebagai upaya pertahanan pertama, perusahaan juga menawarkan saran telemedis gratis untuk gejala terkait Covid-19. Hal yang serupa berlaku hampir di seluruh perusahaan Johnson & Johnson di dunia,” lanjutnya.

Sementara itu, untuk mendukung karyawan saat bekerja dari rumah, Johnson & Johnson Indonesia juga menginisiasi kebijakan Remote Working Expense, dimana perusahaan memfasilitasi karyawan dengan berbagai perlengkapan yang dapat mendukung pengaturan ruang kerja yang ergonomis di tempat tinggal mereka masing-masing. Bahkan, perusahaan juga menginisiasi Global Exercise Reimbursement yang mengajak karyawan untuk tetap aktif dan mendukung aktivitas olahraga di rumah.

“Walaupun bekerja dari rumah, kami ingin agar para karyawan tetap sehat, baik fisik dan mental mereka. Untuk itu, kami menyediakan berbagai inisiatif tersebut, termasuk salah satunya adalah pelatihan Energy for Performance®. Pelatihan ini bertujuan untuk mensosialisasikan perilaku hidup sehat yang membantu mereka menjadi lebih produktif dan efektif, sekaligus menjaga kesehatan fisik dan mental mereka. Semua karyawan memiliki akses ke pelatihan gratis ini. Hingga saat ini, lebih dari 92.000 karyawan di seluruh dunia telah menyelesaikan program tersebut,” papar Devy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)