Inisiatif Ralali.com untuk Segmen UMKM

Komitmen Ralali.com—situs e-Commerce Business to Business (B2B) terbesar di Indonesia—dalam membantu para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Asia Tenggara kembali diwujudkan melalui proyek “ASEAN B2B Marketplace”.

Dijelaskan Joseph Aditya, CEO Ralali.com, “ASEAN B2B Marketplace” merupakan proyek kolaborasi antara Ralali.com dan SCG Trading, yang penandatanganannya dilakukan pada akhir tahun ini. Proyek “ASEAN B2B Marketplace” akan dimulai di Thailand pada Januari 2019 mendatang.

Sejak berdiri, kami berkomitmen menyediakan solusi bagi mereka yang akan menjalankan bisnisnya, terutama para pelaku usaha yang baru memulai perjalanan bisnisnya. Untuk itu, kami sangat bersemangat untuk menjalankan proyek yang berfokus pada kemajuan sektor UMKM se-Asia Tenggara melalui portal bisnis online,” papar Joseph.

Produk dan layanan utama yang akan berjalan dalam proyek “ASEAN B2B Marketplace” itu, diungkapkan Joseph, akan menyasar UMKM yang sedang berkembang pesat di Thailand, terutama pada bisnis makanan dan otomotif.

Saat ini, Thailand memiliki lebih dari 130.000 gerai makanan dengan lebih dari US$ 32 milliar market value atau setara dengan Rp 463 triliun. Sementara itu, untuk industri otomotif, Thailand menjadi yang terbesar di Asia Tenggara dengan market value US$ 36 milliar atau setara dengan Rp 521 triliun.

Joseph menilai, kerja sama itu merupakan pencapaian baru dalam ekspansi bisnis Ralali.com ke ranah regional, yaitu Asia Tenggara. “Ke depannya, proyek ASEAN B2B Marketplace ini juga akan menyambangi Indonesia sebagai salah satu negara yang kini juga tengah diramaikan oleh kehadiran banyak start-up baru yang potensial,” targetnya.

Ditambahkan Nopporn Latthitham, Digital Transformation Head SCG Trading Co., Ltd., sebagai bisnis yang telah lama berdiri di Thailand, SCG tidak hanya terus menciptakan bahan bangunan yang berkualitas tinggi untuk kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat. Akan tetapi, juga akan membangun perubahan nyata menuju perilaku berbelanja yang semakin terintegrasi dan mudah melalui portal online.

Dengan demikian, hal itu akan memacu semangat melahirkan banyak start-up baru yang semakin inovatif dan relevan dengan perubahan zaman. Dengan tujuan besar itu, SCG Trading merangkul Ralali.com yang juga berfokus pada pengembangan UMKM di Indonesia, sebagai partner dalam proyek ASEAN B2B Marketplace,” tutup Nopporn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)