Inisiatif TikTok untuk Perkembangan Bisnis UKM

MIX.co.id - Untuk mendukung perkembangan UKM (Usaha Kecil Menengah) di Indonesia, TikTok Shop, menggelar pelatihan “TikTok Shop Seller Conference”, pada Juni ini. TikTok Shop adalah platform e-commerce yang sepenuhnya terintegrasi, di mana sellers bisa mengunggah konten, melakukan livestream, berjualan, hingga melakukan pengiriman melalui platform TikTok.

Digelar untuk pertama kalinya, TikTok Shop Seller Conference mengusung tema "Tumbuh Bersama TikTok Shop". Gelaran ini menyorot kolaborasi antara seller, kreator, dan pengguna yang masing-masing memiliki andil untuk mensukseskan bisnis mereka di TikTok Shop, sehingga dapat berkontribusi pada kemajuan UKM di Indonesia.

Program ini dihadiri oleh lebih dari 100 seller dari seluruh Indonesia. Program ini juga menjadi wadah bagi para seller untuk mendapatkan tips dan wawasan bermanfaat, baik dari tim TikTok Shop, sesama rekan seller, serta kreator mengenai cara strategis dalam merintis usaha di TikTok Shop.

Salah satu bagian dari TikTok Shop adalah livestream sale yang menghadirkan interaksi real-time antara seller, kreator, dengan pengguna lainnya yang menjadi calon pelanggan. Sesi livestream sale ini kerap digunakan oleh seller untuk menunjukkan keunggulan produk mereka, sekaligus membantu pengguna dalam memilih produk yang sesuai.

Hal ini menjadi fokus utama dari seller Ayjona Store,yang fokus berjualan kaftan dengan berbagai model terkini, melalui sesi livestream sale di TikTok Shop. Seller UKM asal Jakarta ini sangat mementingkan tampilan visual yang apik dan juga interaksi seru antara pengguna dengan host. Apalagi, sesi livestream Ayjona Store bisa berlangsung 24 jam dengan empat kali pergantian host dalam satu hari.

"Tantangan kami adalah bagaimana pengguna bisa tertarik dengan koleksi kaftan kami dan mau berinteraksi dengan host atau penjual, kapan pun dan di mana pun mereka berada. Bersama para host livestream, kami juga terus belajar untuk mengemas sesi dengan seru, sekaligus informatif, pengguna akan merasa lebih nyaman berbelanja di TikTok Shop kami. Hasilnya, trik jitu ini berhasil membawa kami mencatat peningkatan GMV hingga 10 kali lipat pada saat Ramadan tahun ini di TikTok Shop,” ujar Dina Apria Geni, pemilik dari Ayjona Store.

Sementara itu, Bella Juniartha, Pemilik GBMJ Butik, mengatakan, "Mengeksplorasi kreativitas menjadi bagian penting dari strategi kami di platform TikTok. Kami ingin pengguna bisa tertarik dan berinteraksi dengan berbagai konten promosi kami di mana mereka bisa menemukan keranjang produk kami, mulai dari video singkat ataupun sesi livestream yang seru.”

Lebih jauh ia mengakui, beruntung ada banyak lagu trending yang bisa digunakan di konten video singkat GBMJ Butik di TikTok, digabungkan dengan solusi Ads, sehingga bisa mendatangkan pengguna ke sesi livestream sales dan berbelanja di akun TikTok Shop GBMJ Butik. “Dengan cara ini, GBMJ Butik menorehkan peningkatan GMV hingga miliaran rupiah dalam sebulan terakhir di TikTok Shop,” aku Bella.

Hal yang sama dirasakan juga oleh Vincent Octavianus, Pemilik Shop At Blow. ”Dari para kreator dan selebriti yang berkolaborasi, kami jadi ikut belajar bagaimana mengemas konten promosi kami dengan lebih menarik. Tentunya ini akan membantu kami untuk tetap menghibur pelanggan saat mereka berbelanja di TikTok Shop kami. Berkat cara ini, Shop At Blow sudah mencatatkan keuntungan hingga 400% sejak pertama bergabung di TikTok Shop pada Februari 2022,” ujarnya.

Natasha Surya, kreator konten TikTok yang terkenal sebagai reviewer produk home and living, juga menjadi salah satu kreator yang kerap didapuk para seller dan brand untuk mempromosikan produk mereka di sesi livestream. "Perjalanan saya sebagai kreator di TikTok sangat dipengaruhi oleh interaksi dengan sesama pengguna, yang akhirnya mendorong kolaborasi saya bersama berbagai seller untuk mendukung bisnis mereka di TikTok Shop. Keterikatan antara seller, kreator, dan pengguna inilah yang menjadi keunikan dari TikTok Shop, dimana pengguna bisa menemukan produk dan belanja dengan cara yang seru, tanpa perlu berpindah aplikasi,” pungaksnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)