Inovasi Tokopedia Demi Menjaga Kinerja Bisnis Mitra Lokalnya

Sebagai platform belanja online yang bermitra dengan banyak pebisnis lokal, Tokopedia berkomitmen untuk tetap menjaga kinerja bisnis mitranya tersebut, terutama di tengah pandemi Covid-19. Saat ini, Tokopedia memiliki lebih dari 7,8 juta penjual, dimana lebih dari setengahnya mengelola bisnis lewat aplikasi. Para pebisnis lokal ini memasarkan lebih dari 250 juta produk dengan harga transparan kepada lebih dari 90 juta pengguna aktif bulanan Tokopedia.

Dikatakan AVP of Product Tokopedia Priscilla Anais, “Bulan Ramadan biasanya dibarengi oleh lonjakan transaksi. Terlebih di tengah pandemi, belanja online menjadi alternatif meminimalisir penyebaran virus di tempat ramai. Demi membantu bisnis lokal tetap beroperasi online di masa seperti ini, kami menciptakan sederet inovasi untuk menunjang produktivitas para penjual. Kami juga menghadirkan pengalaman konten baru untuk para pembeli lewat Tokopedia Play dan kemudahan berbelanja lewat fitur Beli Langsung.”

Salah satu upaya yang dilakukan Tokopedia adalah dengan mendukung kampanye #JagaEkonomiIndonesia. Objektifnya, untuk menjaga kelangsungan bisnis penjual dan mendorong pemulihan ekonomi. Sejalan dengan kampanye itu, Tokopedia melakukan transformasi pada aplikasi khusus penjual demi meningkatkan produktivitas mereka.

"Fitur quick reply chat misalnya, sekarang sudah tersedia dan memungkinkan penjual membalas pesan dari pembeli lewat notifikasi tanpa harus membuka aplikasi. Ada juga weekly summary sales and order, yang bisa memudahkan penjual melihat ringkasan penjualan, performa toko, pesanan, serta kendala transaksi," paparnya.

Selain itu, pada homepage toko, para penjual kini bisa memanfaatkan berbagai tampilan toko agar terlihat lebih menarik bagi pembeli. Para penjual juga dapat menampilkan kampanye, produk-produk unggulan, serta promo pada homepage yang dapat dipersonalisasi.

Bahkan, saat ini, pembeli bisa menikmati pengalaman berbelanja langsung atau live shopping yang terintegrasi secara lebih mulus. "Inovasi di Tokopedia Play ini membuat pembeli dapat berinteraksi dengan para kreator konten, juga langsung membeli produk yang dibutuhkan saat mengikuti live streaming," ucapnya.

Tokopedia juga menghadirkan fitur Beli Langsung yang mempermudah dan mempercepat proses berbelanja. Kini dengan fitur Beli Langsung, pengguna dapat menyelesaikan transaksi hanya dengan satu klik. "Metode pembayaran dan pengiriman di sisi lain dapat secara otomatis direkomendasikan sesuai preferensi atau kebiasaan masing-masing pembeli," ia menutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)