Intip Lonjakan Penjualan Brand Lokal saat Kampanye "Beli Lokal 12.12"

MIX.co.id - Memanfaatkan momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12, Tokopedia dan TikTok meluncurkan kampanye Beli Lokal. Objektif dari kampanye itu adalah membantu para pelaku usaha, khususnya UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) lokal untuk mendapatkan panggung lebih luas, termasuk saat momen Harbolnas 12.12 lewat aplikasi Tokopedia dan TikTok.
Animo tinggi dari masyarakat terhadap kampanye Beli Lokal, termasuk saat momen Harbolnas 12.12, menimbulkan berbagai dampak positif pada penjualan para UMKM lokal.
“Tokopedia mencatat adanya kenaikan transaksi sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan hampir 19 kali lipat, khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023,” terang Head of Communications Tokopedia Aditia Grasio Nelwan.
Lebih jauh ia menjelaskan, sejumlah brand lokal fesyen di Tokopedia pun mengalami rata-rata kenaikan transaksi lebih dari 13 kali lipat khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023.
Secara keseluruhan, beberapa kategori produk yang paling laris di kampanye Beli Lokal, khususnya di Tokopedia pada Harbolnas 12.12 lalu, antara lain Kecantikan, Perawatan Tubuh, Fashion, Makanan dan Minuman, serta Rumah Tangga. Sedangkan di TikTok, kategori tersebut didominasi oleh kategori Kecantikan dan Perawatan Diri, Pakaian Wanita, Fashion Muslim, Pakaian Pria, serta Makanan dan Minuman.
Sejumlah pelaku usaha di Tokopedia yang mengikuti kampanye ‘Beli Lokal’ 12.12 lalu turut mencatat kenaikan penjualan, di antaranya SAFF & Co., Aerostreet, dan INTHEBOX yang juga menggunakan aplikasi TikTok untuk memperluas jangkauan pasarnya di Indonesia.
Pada semester I 2023, produk parfum adalah salah satu produk perawatan tubuh yang paling laris di Tokopedia. Hal ini melatarbelakangi kolaborasi antara Tokopedia dengan berbagai pelaku usaha di kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh, salah satunya brand lokal SAFF & Co., untuk meluncurkan produk parfum SAFF & Co. ‘Maleali’ eksklusif di Tokopedia saat Harbolnas 12.12.
Co-Founder SAFF & Co. Santi Tan mengatakan, “Sebagai brand lokal parfum, SAFF & Co. terus mendapatkan dukungan dari Tokopedia dan TikTok yang turut berkontribusi pada penjualan kami. Pada momen Harbolnas 12.12, SAFF & Co. meluncurkan varian parfum SAFF & Co. ‘Maleali’ secara eksklusif di kampanye ‘Beli Lokal’ Tokopedia. Maleali memiliki karakter sweet dan woody diikuti dengan sedikit aroma aromatic. Lalu disusul oleh aroma creamy-woody dan dry down aroma sensual & comforting khas wangi patchouli dari Sulawesi.”
Sementara itu, Adhitya Caesarico, Founder Aerostreet, menegaskan, kampanye ‘Beli Lokal’ dari Tokopedia dan TikTok sangat membantunya untuk meningkatkan penjualan produk-produk Aerostreet. Terbukti dengan meningkatnya jumlah penjualan Aerostreet yang melonjak berkali lipat, khususnya pada kampanye Beli Lokal lewat Tokopedia di momen Harbolnas 12.12, jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023.
Selain kecantikan dan perawatan tubuh serta fesyen, kampanye ‘Beli Lokal’ 12.12 yang diusung oleh Tokopedia dan TikTok juga membawa dampak positif bagi pelaku usaha lokal di kategori Rumah Tangga. Salah satu pelaku usaha lokal tersebut adalah INTHEBOX, yang saat ini memiliki pabrik di Bandung, Jawa Barat, dan memberdayakan sekitar 500 karyawan.
“Membangun brand awareness di awal bukan hal yang mudah. Keberadaan Tokopedia dan TikTok sangat membantu kami untuk membentuk brand awareness tersebut. Apalagi dengan bergabung di kampanye ‘Beli Lokal’, INTHEBOX bisa mengalami lonjakan penjualan di lebih dari 7 kali lipat di Tokopedia khususnya saat Harbolnas 12.12 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023, dan lebih dari 3 kali lipat di TikTok dibandingkan bulan September 2023,” ucap Public Relations INTHEBOX (PT Duta Mas Mandiri) Feiko Revoliady Robin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)